5 Tips Sukses Tryout agar Lulus UTBK dan Masuk Perguruan Tinggi Negeri

Rabu, 06 Desember 2023 - 17:14 WIB
loading...
5 Tips Sukses Tryout agar Lulus UTBK dan Masuk Perguruan Tinggi Negeri
Hampir semua siswa SMU ingin lulus Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Foto/MNC Media.
A A A
JAKARTA - Hampir semua siswa SMU ingin lulus Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Namun, sebelum mengikuti ujian, ketahui dulu tips sukses tryout yang merupakan kunci utama lulus UTBK hingga diterima di PTN.

Tryout adalah latihan mengerjakan berbagai jenis soal menjelang ujian akhir atau tes masuk ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Umumnya, tryout dilakukan oleh siswa-siswi yang duduk di jenjang akhir pendidikan, yaitu kelas 6, 9, dan 12.

Nah, sambil mempersiapkan diri ikutan tryout, mulai dari 8 Desember, AladinMall hadir di Shop+-nya RCTI+ #FirstLiveShopingonOTT. Yuk, join dan dapatkan semua kebutuhan kamu di AladinMall.

Tips Sukses Tryout

1. Belajar dan Siapkan Mental


Persiapan pertama harus dilakukan adalah persiapkan mental. Meski hanya latihan ujian, menghadapi tryout tentu tidak boleh main-main. Layaknya mempersiapkan ujian sungguhan, mempersiapan tryout juga harus sama seriusnya. Belajarlah dengan rutin agar bisa menguasai bahan materi yang akan diujikan.

2. Menyiapkan Kebutuhan Tryout


Sebelum tryout secara offline maupun online, ada baiknya untuk mempersiapkan kebutuhan tryout satu hari sebelumnya. Hal ini penting agar dalam pelaksanaannya, kalian tidak perlu repot mencari barang-barang yang diperlukan.

3. Mengerjakan Soal dengan Tenang


Saat mengerjakan soal tryout, usahakan untuk tetap tenang dan tidak tegang. Sebab hal ini akan berpengaruh pada hasil tryout. Seseorang yang mengerjakan soal dengan tegang cenderung tidak fokus dan justru menjadikannya tidak maksimal dalam mengerjakan soal.

4. Dahulukan Soal yang Termudah


Layaknya ujian, tryout juga memiliki batas waktu tertentu. Oleh karena itu, kalian harus memiliki strategi dalam mengerjakan soal. Kerjakan soal mudah terlebih dulu agar kalian memiliki waktu yang lebih banyak untuk mengerjakan soal yang lebih sulit. Selain itu, mengerjakan lebih dahulu soal yang mudah memungkinkan kalian memiliki waktu luang untuk memeriksa kembali hasil ujian yang sudah yang dikerjakan.

5. Cek Jawaban yang Sudah Dikerjakan


Bila masih memiliki waktu, gunakan untuk memeriksa kembali soal yang telah dijawab. Pastikan juga tidak ada soal yang belum terjawab dan perbaikan jawaban yang typo. Dengan begitu, nilai jawaban tryout jadi lebih optimal dan minim kesalahan.

Itulah persiapan dan tips sukses tryout sebelum mengikuti UTBK. Dapatkan diskon hingga 50% untuk pembelian paket tryout di AladinMall . Nikmati fasilitas Gratis Ongkir dan promo belanja hemat lainnya dengan men-download aplikasi AladinMall di Play Store dan App Store .
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2190 seconds (0.1#10.140)