Apa Gelar Lulusan Akmil Magelang? Pilihan untuk Masuk Sekolah Kedinasan

Kamis, 07 Desember 2023 - 10:52 WIB
loading...
Apa Gelar Lulusan Akmil Magelang? Pilihan untuk Masuk Sekolah Kedinasan
Gelar lulusan Akademi Militer (Akmil) Magelang perlu diketahui bagi yang ingin mendaftar di Akmil. Foto/Dok TNI AD.
A A A
JAKARTA - Gelar lulusan Akademi Militer (Akmil) Magelang perlu diketahui bagi yang ingin studi di salah satu sekolah kedinasan di Indonesia ini. Berikut ulasannya.

Akademi Militer berada di Magelang, Jawa Tengah dengan ketinggian 400 meter dari permukaan laut. Lokasinya beriklim sejuk dan dikelilingi 5 gunung yaitu Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Sumbing, Gunung Sundoro, dan Gunung Tidar.

Baca juga: Apakah Lulusan SMK Bisa Masuk Akpol dan Akmil? Simak Penjelasannya

Akmil Magelang saat ini memiliki enam program studi. Terdiri dari program studi Teknik Sipil Pertahanan, Teknik Elektronika Pertahanan, Teknik Mesin Pertahanan, Administrasi Pertahanan, dan Manajemen Pertahanan.

Gelar Lulusan Akmil Magelang


Dikutip dari laman resminya, lulusan pendidikan Akmil adalah perwira TNI AD berpangkat letnan dua sesuai korps/kecabangan masing-masing yang berkemampuan dasar jabatan golongan VIII setingkat komandan peleton

Lulusan Akmil Magelang nantinya yang lulus akan memiliki kualifikasi akademis diploma IV (setara dengan Sarjana Strata-1) dengan gelar Sarjana Terapan Pertahanan S.Tr.(Han).

Cara Pendaftaran Akmil


Bagi Anda yang ingin diterima menjadi calon taruna-taruni Akmil bisa membuka laman penerimaan prajurit TNI di rekrutmen-tni.mil.id sesuai batas waktu yang ditentukan.

Baca juga: 6 Sekolah Kedinasan Terbaik di Jawa Tengah, Bisa Jadi Prajurit hingga Nakes

Namun pendaftaran juga bisa dilakukan di tempat pendaftaran yaitu di sejumlah Kodam, Ajendam, Korem, dan Ajenrem dengan membawa persyaratan administrasi sesuai ketentuan berlaku.

Pendaftaran Akmil 2023 telah ditutup pada Juni 2023 lalu. Salah satu persyaratannya adalah lulusan SMA/MA IPA/IPS, tinggi badan minimal 163 cm bagi pria dan 157 cm bagi wanita, hingga bersedia menjalani ikatan dinas pertama (IDP) selama 10 tahun.

Tahapan seleksi Akmil seperti tes kesehatan, tes kesehatan jasmani yakni lari 12 menit, pull up, renang 50 meter, dan pemeriksaan postur tubuh. Selain itu juga akan ada tes psikologi dan tes akademik.

Demikian informasi mengenai gelar lulusan Akademi Militer (Akmil) Magelang. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca setia SINDOnews.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2557 seconds (0.1#10.140)