Siap-siap, UTBK SNBT 2024 Akan Ada Soal Isian, Cek Infonya

Jum'at, 08 Desember 2023 - 19:13 WIB
loading...
Siap-siap, UTBK SNBT 2024 Akan Ada Soal Isian, Cek Infonya
Pertanyaan mengenai soal isian di UTBK SNBT mengemuka di konferensi pers SNPMB 2024. Foto/YouTube SNPMB BPPP.
A A A
JAKARTA - Banyak calon mahasiswa baru yang mengkhawatirkan adanya soal isian pada Ujian Tulis Berbasis Komputer ( UTBK ) Seleksi Nasional Berdasarkan Tes ( SNBT ) 2024. Kemendikbudristek memberikan penjelasan mengenai hal ini.

Ketua Pelaksana Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2024 Tjitjik Srie Tjahjandarie menjelaskan, pada SNBT 2024 selain ada soal pilihan ganda dan pilihan ganda kompleks akan ada soal isian.

Namun Tjitjik menuturkan, penambahan bentuk soal ini tidak perlu menjadi suatu kekhawatiran bagi peserta Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK SNBT) 2024.

Dia pun mengakui, kegusaran siswa mengenai soal isian ini banyak yang mempertanyakannya pada kolom komentar di live streaming YouTube Konferensi Pers Peluncuran SNPMB 2024.

Baca juga: SNBT 2024 Boleh Memilih 4 Program Studi, Ini Ketentuan Terbaru Selengkapnya

"Ini soal-soal isian sederhana. Bukan dalam bentuk esai yang harus mengarang kemudian menulis rumus. Bukan seperti itu. Ini bentuknya isian angka saja," katanya, pada konferensi pers, Jumat (8/12/2023).

Lebih lanjut dia mengatakan, peserta UTBK SNBT pun tidak perlu khawatir karena SNPMB sudah menyajikan bentuk dan contoh-contoh soal yang akan diujikan pada laman SNPMB BPPP.

"Jadi tidak perlu khawatir kemudian mencari-cari akan seperti apa (bentuk soal) karena kami memberikan bentuk dan contoh soal di laman SNPMB. Kalian bisa belajar di laman itu," ujarnya.

3 Materi UTBK SNBT 2024


Materi yang akan diujikan di UTBK SNBT 2024 masih sama dengan tahun sebelumnya yakni tes potensi skolastik, penalaran matematika, dan literasi dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

1. Tes Potensi Skolastik (TPS)


Dalam TPS yang akan diuji adalah Kemampuan Penalaran Umum, Kemampuan Kuantitatif, Pengetahuan dan Pemahaman Umum, serta Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis. Kemampuan kuantitatif akan mencakup Pengetahuan dan Penguasaan Matematika Dasar

Baca juga: Resmi, Ini Cara Pendaftaran SNBP dan SNBT 2024, Simak Ya

2. Penalaran Matematika


Penalaran matematika akan mengukur kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari pada berbagai jenis konteks yang relevan untuk individu sebagai warga negara Indonesia dan warga dunia.

3. Literasi dalam Bahasa Indonesia dan Inggris


Soal ini akan menguji kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks untuk menyelesaikan masalah dan mengembangkan kapasitas individu sebagai warga Indonesia dan warga dunia agar dapat berkontribusi secara produktif kepada masyarakat.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3554 seconds (0.1#10.140)