Hitung Peluang Lolos Seleksi? Berikut Link Simulasi Tes UTBK SNBT 2024

Senin, 11 Desember 2023 - 11:21 WIB
loading...
Hitung Peluang Lolos Seleksi? Berikut Link Simulasi Tes UTBK SNBT 2024
Salahs atu cara untuk mengukur peluang lolos mengikuti seleksi UTBK SNBT 2024 ialah dengan melakukan simulasi melalui link latihan yang disediakan SNPMB. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Berikut link simulasi tes UTBK SNBT 2024 yang perlu diketahui. Pengumuman mengenai Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2024 telah dilakukan.Siswa yang saat ini duduk di bangku kelas XII atau 12 harus sudah mempersiapkan diri ikut SNPMB yang terbagi atas Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) atau Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT).

UTBK SNBT adalah seleksi nasional yang menggunakan tes untuk mengukur kemampuan pesertanya. Khusus UTBK SNBT, siswa akan mengerjakan 160 soal. Soal tersebut harus dikerjakan dalam waktu 195 menit atau 3 jam 15 menit.Adapun materi UTBK terdiri Tes Potensi Skolastik dan Tes Literasi, mencangkup Bahasa Indonesia dan Inggris, serta Penalaran Matematika.

Meski pendaftaran UTBK SNBT 2024 masih dilakukan Februari tahun depan, tetapi tidak ada salahnya kita melakukan simulasi untuk mengukur peluang lolos di seleksi ini. Salah satu cara mengetahui peluang lolos di UTBK SNBT 2024 ialah dengan melakukan simulasi melalui link latihan yang disediakan SNPMB. Untuk mengetahui lebih jelas, artikel kali ini akan membahasnya, simak ya!

Link Simulasi UTBK SNBT 2024


Untuk mengetahui peluang lolos atau bisa mengerjakan soal-soal UTBK SNBT 2023, kamu bisa membukanya di laman https://simulasi-tes.bppp.kemdikbud.go.id. Berikut cara mengikuti simulasi UTBK:

1. Membuka link


Buka link https://simulasi-tes.bppp.kemdikbud.go.id/ untuk memulai simulasi UTBK.

2. Mengisi data diri


Saat halaman muncul, siswa diminta mengisi nama lengkap dan asal sekolah atau instansi terlebih dahulu

3. Pilih Sub Tes


Tersedia beberapa sub tes yang perlu dikerjakan. Ada mata ujian Literasi Dalam Bahasa Indonesia, Literasi Dalam Bahasa Inggris, Pemahaman Bacaan dan Menulis, Penalaran Matematika, Penalaran Umum, Pengetahuan dan Pemahaman Umum, dan Pengetahuan

3. Perhatikan Waktu Ujian


Saat tes berlangsung, maka akan muncul waktu yang berjalan saat tes. Sehingga kamu benar-benar bisa merasakan UTBK sesungguhnya.

4. Pembahasan Hasil Tes


Setelah simulasi selesai, maka akan muncul kunci jawaban beserta pembahasannya. Jadi kamu bisa dapat mengevaluasi serta memberikan pembahasan dari soal yang dikerjakan. Selain itu kamu bisa tahu skormu. Jadi bisa mengira-ngira bagaimana peluang lolosmu di UTBK SNBT 2024.


Jadwal UTBK SNBT 2024

1. Pendaftaran UTBK SNBT: 21 Maret-5 April 2024

2. Pelaksanaan UTBK Gelombang: 1 - 30 April 2024 dan 2-7 Mei 2024

3. Pelaksanaan UTBK Gelombang 2: 14-20 Mei 2024

4. Pengumuman hasil SNBT: 13 Juni 2024

3 Materi UTBK SNBT 2024


1. Tes Potensi Skolastik (TPS)


Dalam TPS yang akan diuji adalah Kemampuan Penalaran Umum, Kemampuan Kuantitatif, Pengetahuan dan Pemahaman Umum, serta Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis. Kemampuan kuantitatif akan mencakup Pengetahuan dan Penguasaan Matematika Dasar

2. Penalaran Matematika


Penalaran matematika akan mengukur kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari pada berbagai jenis konteks yang relevan untuk individu sebagai warga negara Indonesia dan warga dunia.

3. Literasi dalam Bahasa Indonesia dan Inggris


Soal ini akan menguji kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks untuk menyelesaikan masalah dan mengembangkan kapasitas individu sebagai warga Indonesia dan warga dunia agar dapat berkontribusi secara produktif kepada masyarakat.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0830 seconds (0.1#10.140)