2 Universitas Milik BUMN yang Kampusnya Berlokasi di Jawa Timur, Dua Kota Ini Tempatnya

Senin, 11 Desember 2023 - 12:38 WIB
loading...
2 Universitas Milik BUMN yang Kampusnya Berlokasi di Jawa Timur, Dua Kota Ini Tempatnya
Dari sekian universitas milik perusahaan BUMN, ada dua yang lokasi kampusnya berada di Jawa Timur yakni Institut Teknologi Telkom Surabaya dan Universitas Internasional Semen Indonesia. Foto/Ist
A A A
SURABAYA - Ini dua perguruan tinggi milik BUMN yang berlokasi di Jawa Timur. Di Indonesia, selain universitas negeri dan swasta, terdapat pula perguruan tinggi yang dimiliki perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), baik melalui kepemilikan langsung maupun melalui yayasan perusahaan

Universitas milik BUMN memiliki spesialiasi masing masing sesuai di mana kampus tersebut bernaung. Letak kampu BUMN juga tersebar di sejumlah provinsi. Nah salah satu provinsi yang menjadi lokasi kampus milik BUMN adalah Jawa Timur. Artikel kali ini secara khusus membahas kampus milik BUMN yang kampusnya berlokasi di Jawa Timur, simak ya!

2 Universitas Milik BUMN yang Kampusnya Berlokasi di Jawa Timur


1. Institut Teknologi Telkom Surabaya


Dari sekian banyak deretan kampus-kampus milik BUMN, PT Telkom (Persero) Tbk bisa dibilang perguruan tinggi yang paling komplit dan besar skalanya, baik jumlah jurusan maupun mahasiswanya. Letak kampus yang didirikan Telkom berada di Kota Bandung. Dikenal lama sebagai STT Telkom, perguruan tinggi ini melakukan re-branding menjadi Telkom University atau Tel-U.



Selain Tel-U yang menjelma jadi salah satu kampus terbesar di Indonesia, Telkom juga mengelola kampus lainnya bernama Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITTP). Kemudian ada pula IT Telkom Jakarta dan kampus lainnya milik Telkom adalah IT Telkom Surabaya. Ini artinya, Telkom melalui yayasannya mengelola 4 kampus perguruan tinggi sekaligus.

IT Telkom Surabaya adalah perguruan tinggi berstandar internasional yang berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi yang berada di bawah naungan Yayasan Pendidikan Telkom(YPT). Kampus ini resmi beroperasi pada 2018.

2. Universitas Internasional Semen Indonesia


PT Semen Indonesia (Persero) Tbk mendirikan Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI) di Gresik, Jawa Timur. Kampus ini resmi beroperasi pada 2015.

Pendirian perguruan tinggi tersebut dilakukan melalui Semen Gresik Foundation (SGF), sebuah lembaga non profit yang dibentuk perseroan untuk mengelola sejumlah kegiatan di bidang pendidikan, lingkungan, sosial, dan pelayanan kesehatan.

SGF sebelumnya sudah berpengalaman dalam mengelola lembaga pendidikan unggulan, mulai dari tingkat PAUD, SD, SMP, hingga SMA dan SMK

Itulah dua kampus BUMN yang lokasinya berada di Jawa Timur. Semoga informasi yang disampaikan bermanfaat bagi calon mahasiswa.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1098 seconds (0.1#10.140)