5 Keuntungan Mengikuti Program Kampus Merdeka, Salah Satunya Memperluas Relasi

Kamis, 14 Desember 2023 - 10:28 WIB
loading...
5 Keuntungan Mengikuti Program Kampus Merdeka, Salah Satunya Memperluas Relasi
Program Kampus Merdeka dapat memperluas relasi di luar kehidupan kampus. Foto/Dok. Kemendikbudristek
A A A
JAKARTA - Program Kampus Merdeka memiliki banyak manfaat bagi para pesertanya. Salah satunya adalah memperluas relasi di luar kehidupan kampus.

Bagi sebagian mahasiswa, mereka tentu sudah mengenali pengertian Kampus Merdeka. Program ini merupakan kebijakan dari Kemendikbudristek yang memberikan hak kepada mahasiswa untuk mengambil mata kuliah di luar program studi selama 1 semester dan berkegiatan di luar perguruan tinggi selama 2 semester.

Pada pelaksanaannya, perguruan tinggi memiliki kebebasan untuk menyediakan program Kampus Merdeka. Maksudnya, mereka bebas menyesuaikannya dengan kebutuhan dan minat para mahasiswa.

Lebih jauh, ada beragam jenis kegiatan yang masuk program Kampus Merdeka. Di antaranya seperti Magang Bersertifikat, Studi Independen, Kampus Mengajar, Pertukaran Mahasiswa Merdeka, Membangun Desa (KKN Tematik), Wirausaha, dan lain sebagainya.



Setelah mengetahui pengertian dan jenis kegiatan Kampus Merdeka, bisa dilihat bahwa program ini membawa banyak manfaat bagi pesertanya. Berikut beberapa di antaranya yang bisa diketahui.

Keuntungan Mengikuti Program Kampus Merdeka


1. Memperluas Relasi di Luar Kampus Asal


Pada dunia kerja, relasi atau jaringan profesional menjadi salah satu faktor penting dalam kesuksesan berkarier. Maka dari itu, program seperti Kampus Merdeka ini akan sangat bermanfaat untuk menjalin relasi atau koneksi yang lebih luas dengan dunia luar.

Singkatnya, semakin banyak kenalan, maka banyak juga informasi dan kesempatan yang bisa didapatkan. Karena tidak menutup kemungkinan, salah satu relasi kita nantinya bisa menjadi rekan bisnis atau bahkan atasan di tempat kerja.



Sejalan dengan hal tersebut, perluasan relasi atau jaringan profesional ini memang terbilang sangat penting. Nah, salah satu cara yang bisa digunakan untuk mewujudkannya adalah melalui program Kampus Merdeka.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2439 seconds (0.1#10.140)