Orasi Ilmiah di UPNVJ, Ini Pesan Panda Nababan Kepada Mahasiswa di Tahun Politik

Kamis, 14 Desember 2023 - 20:15 WIB
loading...
Orasi Ilmiah di UPNVJ, Ini Pesan Panda Nababan Kepada Mahasiswa di Tahun Politik
Wartawan dan politkus senior Panda Nababan menyampaikan orasi ilmiah berjudul Menyoal Indepensi Media Massa dalam Pilpres 2023 di Aula Bhinneka Tunggal Ika, UPN Veteran Jakarta (UPNVJ), Selasa (12/12/2023). Foto/FISIP UPNVJ
A A A
JAKARTA - Wartawan dan politikus senior Panda Nababan mengajak mahasiswa tetap kritis terhadap terpaan berita dari berbagai media pada tahun politik menjelang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Untuk itu, mahasiswa juga perlu terus menambah literasi agar memahami informasi yang objektif, akurat, dan berimbang.

“Mahasiswa harus punya nalar kritis terhadap terpaan berita di tahun politik,” tegas Panda Nababan saat orasi ilmiah di Aula Bhinneka Tunggal Ika, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta (UPNVJ), Selasa (12/12/2023).

Dalam orasi ilmiah yang berjudul “Menyoal Indepensi Media Massa dalam Pilpres 2023”, Panda dengan penuh semangat mengajak para mahasiswa UPN “Veteran” Jakarta bersama-sama mempertahankan integritas dan independensi media sebagai penjaga demokrasi.

Baca juga: Ini Besaran Biaya Kuliah Jalur Mandiri di UPN Veteran Jakarta

Panda juga menyoroti perlunya mahasiswa memiliki sikap kritis terhadap kondisi sosial yang berkembang saat ini. “Kalian adalah pilar-pilar keberlanjutan demokrasi kita,” ujar politikus yang juga akrab disapa Opung ini.

Dalam orasi ilmiah tersebut menghadirkan penanggap dari Dosen Ilmu Politik, UPN “Veteran” Jakarta, M. Prakoso Aji. Dia juga menekankan peran penting media dalam kehidupan negara demokrasi.

“Media Massa menjadi pilar penting dalam demokrasi dan menjadi watch dog atas kinerja pemerintah,” kata Prakoso Aji yang sedang menempuh program Doktoral di Universitas Indonesia (UI).

Dekan FISIP UPN “Veteran” Jakarta, Dr. S. Bekti Istiyanto dalam sambutannya mengungkapkan bahwa media memiliki peran sentral dalam kehidupan demokrasi. Kehadiran media memiliki posisi yang kuat dan diperlukan bagi masyarakat. “Independensi media adalah tulang punggung demokrasi sehingga tidak memunculkan adanya politik dinasti,” ujarnya.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1461 seconds (0.1#10.140)