Pengabdian Masyarakat Dosen UHAMKA Edukasi Anak dan PMI di Malaysia

Jum'at, 15 Desember 2023 - 14:43 WIB
loading...
Pengabdian Masyarakat Dosen UHAMKA Edukasi Anak dan PMI di Malaysia
Dosen FISIP dan FIKES UHAMKA melakukan pengabdian masyarakat di PKBM Sanggar Belajar Kepong di Kuala Lumpur, Malaysia. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Pengabdian Masyarakat menjadi suatu kegiatan yang wajib dilakukan oleh semua dosen perguruan tinggi Muhammadiyah (PTM) dalam implementasi catur dharma. Kali ini dosen UHAMKA mengadakan Pengabdian Masyarakat di Malaysia.

Pperwakilan dosen FISIP Universitas Muhammadiyah Prof DR Hamka (UHAMKA) Farida Hariyati dan Titin Setiawati serta perwakilan dosen FIKES UHAMKA Leny Sri Rahayu dan Fildzah Badzlina berkunjung ke Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Sanggar Belajar Kepong di Kuala Lumpur, Malaysia.

Tim pengabdian masyarakat Prodi Ilmu Komunikasi FISIP UHAMKA menyampaikan penguatan tentang pemahaman dan kesadaran bagi siswa dan orang tua para Pekerja Migran Indonesia (PMI) di bawah binaan Sanggar Bimbingan Kepong untuk lebih waspada, menjaga etika, dan melakukan seleksi atau sesuai kebutuhan dalam menggunakan media sosial atau media digital lainnya.

Baca juga: Uhamka dan Sofia University Bangun Pusat Transformasi, Fokus Islam Moderat dan Kepemimpinan Wanita

Sementara, tim dari FIKES UHAMKA menyampaikan penguatan tentang panduan memilih makanan yang sehat. Tujuannya untuk mengingkatkan pemahanan tentang makanan halal, sehat, dan bergizi serta memberikan panduan kepada anak pekerja migran di PKBM Kepong untuk memilih makanan yang tepat demi kesehatan dan perkembangan optimal.

Perwakilan dosen FISIP UHAMKA memaparkan materi media sosial di hadapan murid dan orang tua murid yang hadir, dengan harapan para murid tersebut yang telah memiliki potensi dan semangat untuk mengembangkan dirinya melalui pemahaman keadaban digital dapat bermanfaat secara positif untuk meningkatkan potensi yang dimilikinya.

Dari hal kecil yang diciptakan pada kegiatan tersebut maka akan berdampak besar di kemudian hari dengan pemahamannya bahwa dalam menggunakan media sosial juga terdapat nilai - nilai kompetensi keadaban digital di era media baru ini.

Baca juga: Dosen Uhamka Ajak Mahasiswa Sofia University Bulgaria Kuliah di Indonesia

Setelah dilaksanakannya kegiatan pengabdian masyarakat, Salimar sebagai Kepala Sekolah Sanggar Bimbingan Kepong sangat senang atas kehadiran dan ilmu yang telah diberikan kepada anak-anak di sanggar.

“Insya Allah saya pun mau jika ada tindak lanjutnya lagi dari kegiatan pengabdian masyarakat di Sanggar Belajar Kepong, anak - anak yang ada di sanggar belajar pun mengharapkan adanya tindak lanjut lagi," ujarnya, melalui siaran pers, Jumat (15/12/2023).

Pengabdian masyarakat ini bukan hanya pemberian materi kepada anak - anak, namun mereka diberi pre dan post test terhadap Keadaban Digital dan Media Sosial sehingga kegiatan ini bisa mengukur kadar pemahaman yang mereka miliki setelah mendapatkan materi.

Pengabdian Masyarakat UHAMKA ini dilaksanakan bersama mitra, PCIM Malaysia, serta berkolaborasi dengan Mitra Internasional, Universiti Utara Malaysia, dalam rangkaian Pengabdian Masyarakat Luar Negeri dan KKN Internasional yang diinisiasi oleh Lembaga Pemberdayaan dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UHAMKA.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1381 seconds (0.1#10.140)