10 PTN dan PTS Tertua di Indonesia, Kampusmu Urutan Berapa?

Rabu, 20 Desember 2023 - 09:45 WIB
loading...
10 PTN dan PTS Tertua di Indonesia, Kampusmu Urutan Berapa?
UII menjadi salah satu daftar PTN dan PTS Tertua di Indonesia yang berdiri sejak 1945. Foto/UII.
A A A
JAKARTA - Berikut ini 10 PTN dan PTS yang tertua di Indonesia. Indonesia memiliki ribuan perguruan tinggi dan beberapa sudah berdiri sejak zaman penjajahan Belanda.

Indonesia saat ini memiliki 4.004 perguruan tinggi berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS). Jumlah tersebut meningkat 0,73 perssen dibanding tahun sebelumnya yang sebanyak 3,975 perguruan tinggi.

Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Tanah Air sebanyak 184 unit pada 2022. Sementara jumlah Perguruan Tinggi Swasta (PTS) mencapai 3.820 kampus.

Berbicara mengenai perguruan tinggi, dimana perguruan tinggi yang pertama didirikan di Indonesia? Dikutip dari laman Aku Pintar berikut ini 10 PTN dan PTS tertua di Indonesia.

Baca juga: SNBP 2024, Ini 11 PTN Luar Pulau Jawa Penerima Calon Mahasiswa Terbanyak di 2023

10 PTN dan PTS Tertua di Indonesia

1. Universitas Islam Indonesia (UII)


UII adalah universitas Islam tertua di Indonesia. Pada awal berdirinya, 8 Juli 1945, kampus swasta ini merupakan sebuah sekolah tinggi (Sekolah Tinggi Islam).

Kemudian pada 3 November 1947, dua tahun setelah proklamasi kemerdekaan, PTS yang berada di Bandung, Jawa Barat ini berdiri sebagai sebuah kampus swasta tertua di Indonesia.

2. Universitas Gadjah Mada (UGM)


UGM didirikan pemerintah Indonesia pada 19 Desember 1949. Menyandang status sebagai kampus negeri tertua di Tanah Air, UGM mengawali kiprahnya di dunia pendidikan tinggi dengan membuka enam fakultas. Kini, PTn yang dipimpin Rektor Prof Ova Emilia ini telah memiliki 18 fakultas.

3. Universitas Indonesia (UI)


Sejarah UI terukir sejak abad ke-19, tepatnya pada tahun 1849. Di masa pendudukan Belanda, perguruan tinggi ini bernama Dokter Djawa School Batavia. Karena tonggak sejarah yang panjang ini, tak jarang UI dinobatkan sebagai universitas pertama di Indonesia.

Baca juga: 10 Universitas Terbaik di Banten Versi UniRank 2023, Tak Kalah dengan Kampus di Jakarta

Akan tetapi, baru pada 2 Februari 1950 universitas negeri tertua di Indonesia ini menyandang nama Universitas Indonesia. Hingga kini, Kampus Perjuangan ini merupakan salah satu universitas tertua di Indonesia yang paling difavoritkan calon mahasiswa baru.

4. Universitas Airlangga (Unair)


Pada 2 Januari 1849 menandai berdirinya Nederlandsch Indische Artsen School (NIAS), sebuah sekolah pendidikan dokter pribumi di Surabaya. Sekolah pendidikan dokter inilah yang menjadi cikal bakal Fakultas Kedokteran Unair.

Kampus Unair kemudianm resmi berdiri pada 10 November 1954. Seiring waktu, salah satu kampus tertua di Indonesia ini telah berkembang pesat dan sekarang menempati tiga lokasi yang berbeda, yaitu kampus Unair A, B, dan C.

5. Universitas Hasanuddin (Unhas)


Berikut ini daftar universitas negeri tertua dari Indonesia timur, Unhas. Unhas berada di Makassar, Sulawesi Selatan dan berdiri pada 10 September 1956. Dalam sejarahnya, Unhas berkembang dari Fakultas Ekonomi UI. Dan kini, universitas tertua di Indonesia timur ini telah memiliki 14 fakultas.

6. Universitas Padjadjaran (Unpad)


Di Jawa Barat, adalah Unpad yang menjadi bagian dari perguruan tinggi tertua di Indonesia. Berdiri pada 11 September 1957, pada awalnya Unpad memiliki empat fakultas saja. Unpad saat ini memiliki 16 fakultas.

7. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)


Tak berselang lama setelah Unpad berdiri, tepatnya pada 10 November 1957, di Jawa Timur berdiri. Pada saat itu, salah satu kampus tertua di Indonesia ini masih menjadi bagian dari Yayasan Perguruan Tingggi Teknik (YPTT) hingga resmi menyandang nama ITS pada tahun 1961.

8. Institut Teknologi Bandung (ITB)


Institut Teknologi Bandung (ITB) juga mempunyai sejarah panjang sejak masa kolonial Belanda, sehingga layak disematkan sebagai salah satu kampus tertua di Indonesia.

Baca juga: 10 Universitas Terbaik di Surabaya Versi EduRank 2023, Kampus Berkualitas Bertebaran

Ketika berdiri pada 3 Juli 1920, kampus tertua di Indonesia ini masih bernama Technische Hoogeschool te Bandoeng (TH te Bandoeng). Kemudian pada 2 Maret 1959, nama ITB resmi disematkan pada satu dari perguruan tinggi tertua di Indonesia ini.

9. Universitas Diponegoro (Undip)


Tak selamanya perguruan tinggi negeri berdiri sejak awal sebagai universitas negeri. Universitas Diponegoro (Undip) adalah salah satunya. Berdiri sebagai salah satu kampus swasta tertua di Indonesia, Undip lantas berstatus sebagai kampus negeri pada tahun 1961.

10. IPB University


Masuk dalam daftar ke-10 adalah salah satu kampus tertua di Indonesia ini, IPB University. Cikal bakal IPB adalah Fakultas Pertanian UI, hingga kemudian resmi menyandang nama IPB pada 1 September 1963.

Kekinian, IPB lebih dikenal sebagai IPB University. Dan terbaru, perguruan tinggi tertua di Indonesia ini berhasil meraih Anugerah Perguruan Tinggi Terinovatif dari Kemenristek/ BRIN pada tahun 2020 ini. Selain IPB, penghargaan tersebut juga diraih oleh ITB dan UGM.

Demikian 10 PTN dan PTS tertua di Indonesia untuk menambah wawasanmu. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca setia kanal Edukasi SINDOnews.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1623 seconds (0.1#10.140)