6 Universitas Swasta di Jawa Tengah Akreditasi Unggul, Kualitas Tidak Kalah dengan PTN

Kamis, 21 Desember 2023 - 10:47 WIB
loading...
6 Universitas Swasta di Jawa Tengah Akreditasi Unggul, Kualitas Tidak Kalah dengan PTN
Sebanyak 6 universitas swasta di Jawa Tengah sudah terakreditasi Unggul oleh BAN PT. Foto/YouTube Unissula.
A A A
JAKARTA - Sebanyak 6 universitas swasta di Jawa Tengah sudah menyandang akreditasi Unggul oleh BAN PT. Daftarnya bisa menjadi pilihan calon mahasiswa baru untuk kuliah tahun depan.

Perguruan tinggi swasta memiliki sejumlah keunggulan yang dapat menjadi pilihan menarik bagi calon mahasiswa. Namun, perlu diingat bahwa keunggulan ini dapat bervariasi tergantung pada institusi tertentu.

Banyak perguruan tinggi swasta (PTS) menawarkan program akademis dan keahlian khusus yang mungkin tidak tersedia di perguruan tinggi negeri. Mereka sering kali lebih fleksibel untuk mengembangkan dan menyesuaikan kurikulum sesuai dengan kebutuhan pasar kerja.

Baca juga: 10 Jurusan D3 di Kampus Jakarta Terakreditasi Unggul BAN PT, PNJ hingga UI

Bahkan dari segi akreditasi, sudah banyak PTS yang sudah terakreditasi Unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) . Salah satunya 6 PTS yang berada di Jawa Tengah.

Berikut ini 6 PTS tersebut yang datanya dikutip dari laman akreditasi institusi BAN PT dan masing-masing kampus.

6 PTS di Jawa Tengah dengan Akreditasi Unggul

1. Universitas Dian Nuswantoro (Udinus)


Udinus yang memiliki akreditasi Unggul BAN PT ini memiliki 6 fakultas yaitu Fakultas Ilmu Komputer, Ekonomi dan Bisnis, Ilmu Budaya, Kesehatan, Teknik, dan Fakultas Kedokteran.

2. Universitas Islam Sultan Agung (Unissula)


Unissula, salah satu PTS di Jawa Tengah ini memiliki 12 fakultas terdiri dari Fakultas Kedokteran, Teknik, Hukum, Ekonomi, Agama Islam, Teknologi Industri, Psikologi, Ilmu Keperawatan, Bahasa dan Ilmu Komunikasi, Kedokteran Gigi, Keguruan dan Ilmu Pendidikan, dan Fakultas Farmasi.

Baca juga: 3 Sekolah Tinggi yang Mengantongi Akreditasi Unggul BAN-PT, Kualitas Mumpuni

3. Universitas Katolik Soegijapranata (USC)


Universitas Katolik Soegijapranata (USC) memiliki 10 fakultas seperti Fakultas Aristektur dan Desain, Bahasa dan Seni, Ekonomi dan Bisnis, Hukum dan Komunikasi, ILmu dan Teknologi Lingkungan, Ilmu Komputer, Kedokteran, Psikologi, Teknik, dan Fakultas Teknologi Pangan.

4. Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW)


UKSW sebagai kampus swasta terakreditasi Unggul ini memiliki 14 fakultas antara lain Fakultas Bahasa dan Seni, Biologi, Ekonomi dan Bisnis, Hukum, Ilmu Sosial dan Ilmu Komunikasi, Interdisiplin, Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Psikologi, Sains dan Matematika, Teknik Elektronika dan Komputer, Pertanian dan Bisnis, Teknologi Informasi, serta Fakultas Teologi.

Baca juga: 11 Universitas di Jawa Tengah Berstatus Akreditasi Unggul dari BAN-PT, Cek Kampus Incaranmu

5. Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP)


UMP memiliki 11 fakultas yaitu Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Ekonomi dan Bisnis, Teknik dan Sains, Pertanian dan Perikanan, Agama Islam, Psikologi, Farmasi, Ilmu Budaya dan Ilmu Komunikasi, Hukum, Ilmu Kesehatan, dan Fakultas Kedokteran.

6. Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS)


UMS memiliki Fakultas Agama Islam, Ekonomi dan Bisnis, Farmasi, Geografi, Hukum, Ilmu Kesehatan, Kedokteran, Kedokteran Gigi, Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Komunikasi dan Informatika, Psikologi, Teknik. UMS juga menyediakan Sekolah Vokasi dengan 15 program studi.

Demikian 6 universitas swasta dengan a kreditasi Unggul BAN PT di Jawa Tengah . Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca setia SINDOnews.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2152 seconds (0.1#10.140)