Fakultas Versus Sekolah di ITB, Ini Perbedaan Keduanya yang Perlu Diketahui

Senin, 25 Desember 2023 - 14:28 WIB
loading...
Fakultas Versus Sekolah di ITB, Ini Perbedaan Keduanya yang Perlu Diketahui
Secara administratif tidak ada perbedaan yang berarti antara fakultas dan sekolah; perbedaan fakultas dengan sekolah di ITB hanyalah sekadar terminologi. Foto ilustrasi/Ist
A A A
BANDUNG - Ini perbedaan antara fakultas dan sekolah di ITB yang perlu diketahui biar tak salah dipahami. Institut Teknologi Bandung (ITB) adalah salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) favorit di Indonesia.

ITB memiliki banyak program studi atau fakultas yang bisa jadi pilihan calon mahasiswa. Tapi tahukah kamu, pendidikan di ITB juga ada yang dinamakan sekolah. Lalu apa perbedaan antara fakultas (prodi) dengan sekolah di ITB? Untuk menjawabnya, artikel kali ini akan membahasnya, simak ya!

Perbedaan Fakultas dan Sekolah di ITB


Sejak tanggal 14 Oktober 2013 ITB menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN BH) yang memiliki otonomi pengelolaan dalam akademik dan non-akademik sebagaimana diatur Peraturan Pemerintah Nomor 65 Tahun 2013 tentang Statuta ITB.
Selain di Kampus Ganesha dan Kampus Jatinangor, untuk kegiatan akademik dan perkuliahan yang sudah berjalan, juga ada di Kampus Cirebon.



Menurut Wikipedia, Fakultas adalah unit pendidikan di ITB yang memiliki beberapa program studi (dulu departemen), baik di tingkat sarjana, magister, maupun doktor. Sementara itu, sekolah adalah unit pendidikan yang memiliki beberapa program studi dengan bidang keilmuan yang berdekatan.

Tak Ada Perbedaan Administratif Fakultas dan Sekolah di ITB

Secara administratif tidak ada perbedaan yang berarti antara fakultas dan sekolah; perbedaan fakultas dengan sekolah di ITB hanyalah sekadar terminologi.

Keduanya dipimpin oleh seorang dekan dengan dibantu oleh 2 orang wakil dekan, yaitu wakil dekan bidang akademik dan wakil dekan bidang sumber daya.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1407 seconds (0.1#10.140)