7 Tips Cerdas Lolos SNBP 2024, Pahami Aturan Serta Siapkan Portofolio Terbaik

Selasa, 26 Desember 2023 - 12:16 WIB
loading...
7 Tips Cerdas Lolos SNBP 2024, Pahami Aturan Serta Siapkan Portofolio Terbaik
Siswa kelas 12 SMA/SMK/Sederajat yang nanti ingin masuk perguruan tinggi negeri (PTN) 2024, salah satu jalur masuk yang bisa diikuti adalah Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini 7 tips lolos SNBP 2024 yang perlu dipelajari calon mahasiswa. Siswa kelas 12 SMA/SMK/Sederajat yang nanti ingin masuk perguruan tinggi negeri (PTN) 2024, salah satu jalur masuk yang bisa diikutiadalah Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP)

Intinya jalur SNBP menggunakan kombinasi dari rata-rata nilai seluruh mata pelajaran, prestasi akademik, dan penilaian dari masing-masing kampus.Selain belajar rajin dan meningkatkan nilai dan prestasi di sekolah, ada sejumlah tips yang bisa memperbesar peluang kamu lolos SNBP 2024. Apa saja? Dirangkum dari berbagai sumber, artikel kali ini akan mengulasnya secara tuntas, simak ya!

7 Tips Cerdas Lolos SNBP 2024 yang Perlu Dipelajari


1. Harus memahami aturan dasar

Sebelum mendaftar SNBP 2024, kamu harus memahami dahulu aturan dasar yang berlaku. Informasi tersebut dapat diakses melalui laman resmi yang tersedia.

2. Bisa menganalisis nilai rapor

Kamu bisa menghitung nilai rapor sendiri dengan mengacu pada kebijakan terbaru yang dikeluarkan oleh Kemendikbud Ristek, lalu menganalisis hasilnya dengan rumus yang tersedia. Setelah itu, cocokkan hasil analisis dengan jurusan kuliah yang ingin dituju nanti, apakah sudah sesuai atau belum.

3. Coba sesuaikan nilai rapor dengan jurusan


Jika kamu sudah menentukan jurusan kuliah, maka harus bisa menyesuaikan nilai rapor kamu. Jika nilai rapormu rendah, coba pilih jurusan lain yang sesuai dengan nilaimu. Selain itu, kamu jangan terlalu ambisi dalam membuat keputusan sebelum memastikan nilai rapor kamu.


4. Membuat portofolio yang paling baik

Tips lolos SNBP 2024 berikutnya ialah kamu harus membuat portofolio paling baik. Meski demikian, tidak semua jurusan membutuhkan portofolio sebagai faktor penentu kelulusan.

5. Perhatikan jadwal SNBP 2024

Kamu bisa kehilangan kesempatan jika tidak paham jadwal SNBP 2024. Maka dari itu, kamu harus membuat pengingat pada setiap tahapannya di ponsel pintar atau tempat yang mudah dilihat. Atau jika kamu nanti ada teman yang ikut SNBP 2024, maka bisa saling membantu dan mengingatkan terkait info jadwal serta pendaftarannya.

6. Persyaratan pendaftaran harus dipenuhi

Jika ingin ikut SNBP 2024, maka jangan lupa memenuhi semua persyaratan yang dibutuhkan saat mendaftar SNBP, baik persyaratan umum maupun persyaratan khusus.

Sebagai siswa SMA kelas 12, kamu harus memenuhi semua syarat yang ditetapkan oleh PTN dan jurusan kuliah tujuanmu.
Tapi perlu diingat bahwa persyaratan tiap jurusan di setiap PTN bisa berbeda, jadi pastikan untuk memperoleh informasi yang benar melalui situs web PTN terkait.

7. Optimistis dan berdoa

Sedang hal yang tak kalah penting ialah kamu harus selalu optimistis dan berdoa. Sebab, usaha baik yang didukung dengan doa tulus maka akan diberikan hasil yang terbaik.

12:05 PM 12/26/2023
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1140 seconds (0.1#10.140)