Mau Daftar SNPMB 2024? Begini Cara Verifikasi dan Validasi NISN Siswa yang Sudah Lulus

Kamis, 28 Desember 2023 - 11:10 WIB
loading...
Mau Daftar SNPMB 2024? Begini Cara Verifikasi dan Validasi NISN Siswa yang Sudah Lulus
Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) menjadi hal wajib yang harus dipastikan peserta wajib Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2024. Foto/Ist.
A A A
JAKARTA - Begini cara memverifikasi dan validasi NISN siswa yang sudah lulus untuk mendaftar SNPMB 2024. Menjadi syarat wajib Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2024, nomor induk siswa nasional (NISN) menjadi hal wajib yang harus dipastikan peserta. Untuk informasi lebih jelasnya tentang cara memverifikasi dan memvalidasi NISN siswa untuk mendaftar SNPMB 2024 akan diulas artikel berikut ini, simak ya!

Cara Verifikasi dan Validasi NISN Siswa yang Sudah Lulus


Bukan hanya bagi siswa lulusan tahun 2024, tetapi juga siswa lulusan dua tahun sebelumnya. SNPMB 2024 khususnya Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) bisa diikuti oleh siswa yang lulus dari SMA/SMK/sederajat tahun 2022 dan 2023. Berbeda dengan lulusan tahun 2024, pengecekan NISN bagi siswa yang sudah lulus dilakukan di laman https://pd.data.kemdikbud.go.id/verval-lulusan/.

Untuk mempermudah, berikut cara verifikasi dan validasi NISN peserta didik lulusan SMA/SMK/MA/sederajat sepertti dikutip dari laman resminya, Rabu (27/12/2023).

1. Buka laman https://pd.data.kemdikbud.go.id/verval-lulusan/

2. Isi data yang dibutuhkan seperti:

a. Identitas: NISN (tuliskan jika memiliki), NIK (NIK sesuai yang terdata di Dukcapil bisa dilihat di KTP ataupun KK), nama, tempat lahir, tanggal lahir, jenis kelamin, nama ibu kandung, dan email.

b. Profil lulusan SMA/sederajat: tahun ajaran lulus SMA/sederajat, sekolah lulusan, peminatan, dan unggah ijazah SMA/sederajat.

c. Profil lulusan SMP/sederajat: tahun ajaran lulus SMP/sederajat, sekolah lulusan, peminatan, dan unggah ijazah SMP/sederajat.

3. Klik "Ajukan" untuk mengirimkan data

4. Cek dan pantau secara berkala hasil pengajuan melalui laman https://pd.data.kemdikbud.go.id/vervallulusan/pengajuan/status menggunakan email yang digunakan saat pengajuan.

5. Nantinya akan terlihat status pengajuan apakah data NISN sudah benar atau belum.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2034 seconds (0.1#10.140)