Peluang Besar Lolos Jalur SNBP, Pilih 2 Jurusan Baru UGM Berikut Ini

Senin, 01 Januari 2024 - 10:27 WIB
loading...
Peluang Besar Lolos Jalur SNBP, Pilih 2 Jurusan Baru UGM Berikut Ini
Saat ini UGM membuka dua jurusan baru yakni jurusan Teknik Sumber Daya Air dan jurusan Bahasa Jepang untuk Komunikasi Bisnis dan Profesional. Foto/Ist
A A A
YOGYAKARTA - Ini dua jurusan kuliah baru di UGM yang perlu diketahui. Berniat kuliah di Universitas Gadjah Mada (UGM) ? Pilihan kuliah di UGM memang tak salah karena universitas di Yogyakarta ini merupakan salah satu universitas terfavorit dan merupakan perguruan tinggi tertua di Indonesia.

Ada banyak sekali jurusan atau program studi di UGM. Namun tahukah kamu, saat ini UGM membuka dua jurusan baru yang makin memperkaya jurusan yang tersedia di kampus biru. Apa saja jurusan baru di UGM? Dirangkum dari laman resmi UGM, artikel kali ini akan mengulas daftar jurusan baru di UGM, simak ya!

Dua Jurusan Baru di Universitas Gadjah Mada


1. Jurusan Teknik Sumber Daya Air


Jurusan baru yang saat ini dibuka oleh Universitas Gadjah Mada (UGM) yakni jurusan Teknik Sumber Daya Air, yang mana bertujuan alumninya nanti dapat menyelesaikan permasalahan bencana keairan dan perubahan iklim di Indonesia.

Jurusan Teknik Sumber Daya Air merupakan bagian dari Fakultas Teknik, UGM, yang mana nantinya jurusan ini akan berfokus belajar tentang pemanfaatan, pengendalian, dan pengelolaan sumber daya air (SDA), hingga perancangan bangunan yang berkaitan dengan SDA.



Bagi para mahasiswa yang lulus dari jurusan ini akan mendapat gelar Sarjana Teknik (S.T.) yang mana juga setara dengan Bachelor of Engineering (B.Eng.).

Untuk para calon mahasiswa tentu dapat masuk ke jurusan Teknik Sumber Daya Air melalui jalur yang disediakan oleh pihak UGM, termasuk jalur SNBP yang berpeluang besar untuk lolos karena merupakan jurusan baru.

2. Jurusan Bahasa Jepang untuk Komunikasi Bisnis dan Profesional


Terakhir adalah jurusan Bahasa Jepang untuk Komunikasi Bisnis dan Profesional yang disingkat Jurusan BJ Kombispro, yang mana jurusan ini merupakan jurusan baru di tahun 2023. Bagi kamu yang suka dengan culture negara Jepang, maka kamu dapat mengambil jurusan ini yang saat ini berada di Universitas Gadjah Mada (UGM).

Perlu diketahui bahwasanya jurusan ini dibuka oleh Sekolah Vokasi UGM, yang mana untuk jenjang pendidikan Diploma 4 (D4) dengan masa pendidikan selama 4 tahun.

Nantinya, bagi para alumni Jurusan Bahasa Jepang untuk Komunikasi Bisnis dan Profesional akan diberikan gelar Sarjana Terapan Linguistik (S.Tr.Li.). Jurusan BJ Kombispro tersebut nantinya akan belajar tentang tata bahasa jepang mulai dari dasar, kanji, hingga berbagai praktikum berbicara oral, menulis dan mengarang, menulis ilmiah, hingga public speaking dalam bahasa Jepang.

Selain itu, ilmu komunikasi, etiket, hingga produksi audio visual berbahasa Jepang juga diajarkan di jurusan ini. Dengan baru dibukanya jurusan BJ Kombispro di UGM, maka peluang masuknya calon mahasiswa melalui jalur SNBP semakin besar
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1721 seconds (0.1#10.140)