Jangan Anggap Sepele! Ini 6 Cara Cari Surat Rekomendasi Daftar Beasiswa LPDP 2024

Senin, 01 Januari 2024 - 10:47 WIB
loading...
Jangan Anggap Sepele! Ini 6 Cara Cari Surat Rekomendasi Daftar Beasiswa LPDP 2024
Salah satu syarat mendaftar beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) 2024 adalah menyertakan surat rekomendasi. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini 6 cara mencari surat rekomendasi untuk daftar beasiswa LPDP 2024 yang perlu diketahui dan dipraktikkan. Salah satu syarat mendaftar beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) 2024 adalah menyertakan surat rekomendasi. Apa itu surat rekomendasi?

Surat rekomendasi perlu dipersiapkan dengan baik karena tidak hanya berfungsi untuk melengkapi syarat mendaftar beasiswa LPDP 2024 saja, tetapi juga menunjukkan kompetensimu dari sudut pandang akademisi. Lalu bagaimana dan di mana kita mendapatkan surat rekomendasi untuk daftar beasiswa LPDP?

Dilansir dari akun Instagram resmi LPDP, artikel kali ini akan membagikan 6 tips mencari surat rekomendasi bagi mahasiswa sebagai persiapan mendaftar beasiswa LPDP 2024. Apa saja tipsnya, simak uraiannya di bawah ini ya!

6 Cara Mencari Surat Rekomendasi untuk Daftar Beasiswa LPDP 2024


Sebelum meminta surat rekomendasi, mahasiswa perlu memperhatikan beberapa hal, seperti berapa jumlah surat rekomendasi yang diminta, apakah ada ketentuan format surat rekomendasi.

Mahasiswa yang akan mencari surat rekomendasi untuk melengkapi syarat mendaftar beasiswa LPDP 2024, juga perlu memperhatikan beberapa hal ini saat mencari surat rekomendasi.

1. Pilih pemberi rekomendasi dengan bijak yaitu orang yang benar-benar mengenal kamu, bukan hanya sekadar nama besar yang hanya mengenalmu secara permukaan.

2. Berikan informasi yang cukup, misalnya ringkasan diri, tujuan akademik, alasan memilih program dan sejenisnya. Ini akan membantu mereka menulis rekomendasi yang lebih relevan atau tepat dan persuasif.



3. Jangan minta mepet dan mendadak, bahkan dalam banyak kasus, mahasiswa yang mencari surat rekomendasi menyiapkan waktu 1 hingga 3 bulan untuk meminta surat rekomendasi.

Sehingga segera persiapkan untuk mencari surat rekomendasi sebelum jadwal resmi pendaftaran beasiswa LPDP 2024 benar-benar dibuka.

4. Mintalah dengan sopan akan kesediaan waktunya. Jelaskan maksud, tujuan dan apa yang perlu mereka lakukan dengan jelas.

5. Di beberapa kampus, pemberi rekomendasi harus membuat akun dan mengisi formulir surat rekomendasi yang tentu akan menyita waktu mereka. Pertimbangkan lagi siapa pemberi rekomendasi yang berkenan meluangkan waktu dan tenaga untuk prosedur submit.

6. Ucapkan terima kasih setelah mereka memberikan surat rekomendasi. Pasalnya mereka telah meluangkan waktu dan usaha untuk membantu mendapatkan surat rekomendasi sebagai salah satu syarat mendaftar beasiswa LPDP 2024.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2407 seconds (0.1#10.140)