5 Universitas Luar Negeri yang Bisa Lulus S2 Tanpa Syarat Tesis

Rabu, 03 Januari 2024 - 11:08 WIB
loading...
5 Universitas Luar Negeri yang Bisa Lulus S2 Tanpa Syarat Tesis
Bagi mahasiswa yang ingin kuliah S2 di luar negeri, ada beberapa kampus luar negeri yang memberikan kemudahan bisa lulus tanpa syarat tesis. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini 5 kampus luar negeri yang bisa lulus S2 tanpa syarat tesis.Bagi mahasiswa yang ingin kuliah S2 di luar negeri, ada beberapa kampus luar negeri yang memberikan kemudahan bisa lulus tanpa syarat tesis.

Di Indonesia sendiri, berdasarkan kebijakan dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) Nadiem Makarim menyatakan bahwa mahasiswa S2 atau S3 tetap wajib diberikan tugas akhir. Tugas akhir tersebut bisa dalam bentuk yang lain, bukan hanya tesis saja

Dilansir dari kursus bahasa Inggris khusus persiapan beasiswa ke luar negeri @kobieducation. artikel kali ini akan membahas kampus luar negeri yang memberikan kemudahan juga lulus tanpa syarat tesis, simak ya!

5 Universitas Luar Negeri yang Tawarkan Lulus S2 Tanpa Syarat Tesis


1. The University of Nottingham, Inggris


a. Jurusan: Entrepreneurship, Innovation and Management

Tesis diganti dengan Business Plan, cocok bagi kamu tang tidak suka penelitian. Di kampus ini tesis bisa diganti dengan tugas menulis rancangan bisnis yan akan direalisasikan ketika sudah lulus. Pada akhirnya kamu wajib pitching di depan profesor dan CEO dari perusahaan startup lokal.

b. Supply Chain and Operations Management

Tesis untuk jurusan ini diganti dengan Business Project. Pada jurusan ini, kamu dapat memilih antara Business Project. Business Project dapat dikerjakan berkelompok. Kamu juga bebas memilih topik asalkan sudah disetujui oleh profesornya.

2. Rice University, Amerika Serikat


Di kampus ini, tesis bisa diganti dengan kegiatan non-akademik. Terdapat 23 jurusan yang tidak mewajibkan tesis sebagai syarat kelulusan di kampus ini.

Daftar lengkapnya bisa dibaca lewat tautan ini s.id/rice2 Mahasiswa bisa memilih menyelesaikan studi dengan tesis atau kegiatan non-akademik. Seperti magang, pengalaman yang didapat sebelum apply di kampus, nilai pada mata kuliah tertentu dan secara keselurahan GPD pada semester akhir.


3. Illinois Institute of Technology, Amerika Serikat


Di perguruan tinggi ini, syarat kelulusan berupa tesis diganti dengan coursework/project. Semua jurusan di kampus ini membebaskan mahasiswa bisa memilih jalur kelulusan dengan tesis atau non-tesis. Apabila kamu memilih tanpa tesis, kamu wajib membuat project dalam bentuk jurnal yang dilaporkan ke profesor.

4. University of Melborune, Australia


Di perguruan tinggi ini, tesis bisa diganti menjadi coursework sebagai syarat kelulusan. Dari total 122 jurusan, semuanya menawarkan program research dan coursework yang bisa menggantikan syarat kelulusanmu. Sehingga mahsiswa bisa lebih cepat karena program ini biasanya berupa esai atau jurnal yang terdiri dari 7-10 halaman saja.

5. Texas A&M University, Amerika Serikat


Tesis diganti dengan coursework. Untuk jurusan Material Science and Engineering. Jurusan ini memberikan keuntungan bagi mahasiswanya bisa lulus tanpa tesis.

Sebagai gantinya kamu wajib melakukan seminar dan coursework sesuai dengan spesialisasi. Mahasiswa yang boleh ambil pilihan ini hanya yang mempunyai latar belakang pendidikan Jurusan Teknik saat kuliah S1.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1606 seconds (0.1#10.140)