Jangan Salah Sebut, Ini 3 Panggilan untuk Pelajar di Sekolah Kedinasan

Kamis, 04 Januari 2024 - 06:56 WIB
loading...
Jangan Salah Sebut, Ini 3 Panggilan untuk Pelajar di Sekolah Kedinasan
Setidaknya ada tiga sebutan yang disematkan untuk pelajar di sekolah kedinasan yakni Taruna, Praja, dan Mahasiswa. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Berikut ini 3 panggilan untuk pelajar yang sedang menempuh pendidikan di sekolah kedinasan . Sekolah kedinasan saat ini masih menjadi favorit lulusan SMA/SMK sederajat dalam melanjutkan studi. Salah satu faktor utama daya tarik sekolah kedinasan adalah profesi PNS yang berpeluang besar disandang lulusan sekolah kedinasan.

Di luar soal masa depan lulusannya, sekolah kedinasan memiliki ciri khas sendiri dibanding universitas atau jenjang pendidikan tinggi lain. Salah satu ciri khas sekolah kedinasan adalah sebutan untuk para siswa yang ada. Artikel kali ini akan membahas 3 panggilan bagi pelajar yang menempuh pendidikan di sekolah kedinasan, apa saja? Simak uraiannya di bawah ini ya!

3 Panggilan Bagi Pelajar yang Menempuh Pendidikan di Sekolah Kedinasan


1. Taruna


Taruna merupakan penyebutan pelajar yang sedang menempuh di Sekolah Tinggi bagian dari Sekolah Kedinasan Matra Militer.. Sekolah tinggi ini dikelola oleh Lembaga Pertahanan Negara diantaranya ialah TNI dan POLRI.

Selain itu, penyebutan Taruna juga disematkan ke Lembaga Pendidikan Sekolah Kedinasan semi ataupun non Militer. Hal tersebut dikarenakan, Sekolah Kedinasan tersebut juga memilki hubungan khusus mengenai lulusannya kelak juga berkaitan dengan menjaga keamanan Negara meskipun tidak menyeluruh seperti TNI/POLRI.

Adapun sebutan Sekolah Kedinasan dengan penyebutan Taruna sendiri diataranya ialah AKMIL, Poltekip, Poltekim, STMG, STIN, Kemenhub.


2. Praja


Praja merupakan penyebutan yang disematkan untuk pelajar Sekolah Tinggi yang menempuh pendidikan Ikatan Dinas dan Tugas Belajar. Dalam melaksanakan pendidikannya. Praja merupakan salah satu pelajar yang memang memiliki tugas khusus untuk bisa menempuh pendidikan yang diamanahi oleh Negara.

Sehingga ketika lulus kelak akan langsung diangkat menjadi bagian dari Aparatur Sipil Negara maupun ASN. Sehingga dalam melaksanakan tugas-tugasnya harus sesuai dengan prinsip dan tujuan negara. Adapun Sekolah Kedinasan yang mendapatkan sebutan Praja adalah IPDN (Institut Pemerintahan Dalam Negeri)

3. Mahasiswa


Mahasiswa merupakan sebutan yang disematkan untuk kalangan pelajar yang menempuh pendidikan di Perguruan Tinggi atau sering disebut dengan Politeknik, Institut maupun yang umum banyak yang menyebut dengan Universitas.

Jika pelajar yang memiliki sebutan Taruna dan Praja ketika lulus akan langsung mendapat tempat menjadi bagian dari Lembaga Negara. Berbeda dengan mahasiswa yang harus melewati banyak hal untuk bisa masuk ke suatu Lembaga Negara meskipun ada juga yang langsung diangkat menjadi Aparatur Sipil Negara.

Meskipun demikian, mahasiswa yang lulus bisa melakukan pekerjaannya menjadi bagian dari perusahaan swasta maupun membuka usaha sendiri. Selan itu, Mahasiswa sebagai agen perubahan merupakan golongan tengah yang memiliki legalitas untuk bisa berkomunikasi langsung dengan pemimpin tertinggi pemerintahan, maupun berkomunikasi kebawah mengayomi masyarakat untuk bisa mengabdi kepada rakyat.

Sekolah Kedinasan yang dibawah naungan oleh Lembaga Negara yang mendapatkan sebutan mahasiswa, antara lain PKN-STAN dan Polstat STIS
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3584 seconds (0.1#10.140)