Anak Non SMA Jangan Kecil Hati, Ini 7 Jalur Masuk UGM Khusus Lulusan SMK

Kamis, 04 Januari 2024 - 14:08 WIB
loading...
Anak Non SMA Jangan Kecil Hati, Ini 7 Jalur Masuk UGM Khusus Lulusan SMK
Salah satu jalur masuk Universitas Gadjah Mada (UGM) khusus untuk lulusan SMK adalah jalur Penelusuran Bibit Unggul Berprestasi (PBUB). Foto/Ist
A A A
YOGYAKARTA - Ini jalur masuk UGM khusus lulusan SMK tahun 2024. UGM menjadi salah satu perguruan tinggi negeri (PTN) favorit dari seluruh Indonesia. Tak heran setiap tahun para pendaftar seleksi masuk UGM selalu banyak.

Saat ini UGM ternyata tidak hanya menerima para lulusan SMA tetapi juga SMK. Sedangkan untuk jalur masuk, seperti halnya PTN lainnya, setidaknya ada tiga jalur masuk utama yakni Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT), dan jalur Mandiri.

Mengutip akun TikTok @andr.selfedu, artikel kali ini akan membahas 7 jalur masuk UGM khusus untuk lulusan SMK, apa saja? Simak ya!

7 Jalur Masuk UGM Khusus Lulusan SMK


1. Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP)


SNBP menjadi salah satu jalur pilihan bagi lulusan SMK yang memiliki prestasi gemilang.Dalam sistem ini, pencapaian akademis dan non-akademis Anda akan dinilai dengan cermat. Oleh karena itu, pastikan untuk mempertahankan prestasi yang membanggakan selama masa sekolah kamu.

2. Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT)


Jalur SNBT menawarkan kesempatan bagi kamu untuk mengukur kemampuan melalui tes tertulis. Persiapkan diri kamu dengan baik, karena performa kamu dalam tes ini akan menjadi penentu penting untuk memasuki UGM.

3. Penelusuran Bibit Unggul Berprestasi (PBUB)


PBUB ini merupakan jalur seleksi ini diperuntukkan untuk siswa yang punya prestasi di bidang olahraga, seni dan IPTEK tingkat provinsi, nasional serta Internasional sesuai dengan prodi yang dipilih oleh calon mahasiswa tersebut. Untuk membuktikan bahwa kamu mempunyai prestasi di bidang tersebut, kamu perlu menunjukkan sertifikat/piagam kejuaraan.


4. Penelusuran Bibit Unggul Tidak Mampu (PBUTM)


PBUTM memberikan kesempatan kepada lulusan SMK yang berprestasi, tetapi mungkin memiliki keterbatasan finansial.
Jika kamu memiliki bakat luar biasa namun menghadapi kendala ekonomi, jalur ini bisa menjadi pintu masuk kamu ke UGM.

5. Penelusuran Bibit Unggul SMK (PBUSMK)


PBUSMK menyoroti pencapaian khusus lulusan SMK. Jika kamu memiliki keahlian atau prestasi yang unik di dunia SMK, jalur ini dapat menjadi jalur yang tepat untuk membawa kamu ke dalam lingkungan akademis UGM.

6. Penelusuran Bibit Unggul Kemitraan (PBUK)


PBUK mencari calon mahasiswa daerah yang memiliki komitmen di bidang pembangunan yang diusulkan serta dibiayai sepenuhnya oleh mitra dari UGM sebagai bentuk pembangunan SDM.

7. Ujian Mandiri UGM (UM UGM)


UM UGM adalah jalur mandiri. Jalur ini merupakan jalur terakhir yang memungkinkan kamu untuk mengukur kemampuan akademis dan non-akademis secara langsung.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2956 seconds (0.1#10.140)