13 Langkah Pengisian PDSS 2024, Tahapan Penting untuk Lulus SNBP

Selasa, 09 Januari 2024 - 09:14 WIB
loading...
13 Langkah Pengisian PDSS 2024, Tahapan Penting untuk Lulus SNBP
Berikut ini 13 langkah pengisian PDSS yang berperan penting jika kamu ingin diterima di Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP). Foto/Freepik.
A A A
JAKARTA - Pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) dimulai hari ini, Selasa (9/1/2024). Berikut ini 13 langkah pengisian PDSS yang berperan penting jika kamu ingin diterima di Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) .

Pengisian PDSS dilakukan oleh sekolah melalui operator khusus yang ditugaskan untuk pengisian ini. Diharapkan juga sekolah untuk tidak melakukan pengisian PDSS pada menit-menit terakhir batas waktu pengisian agar tidak sulit mengakses sistem untuk finalisasi data. Pengisian PDSS dimulai pada 9 Januari hingga 9 Februari 2024.

Koordinator SNBP 2024 Riza Satria Perdana menjelaskan, secara umum ada empat tahapan yang dilakukan sekolah dalam mengisi PDSS. Pada tahap pertama, sekolah harus memastikan data sekolah benar.

Baca juga: Pengisian PDSS Dimulai Hari Ini, Sekolah Jangan Sampai Salah Isi Ya

"Bagaimana caranya? Jika data Dapodik sudah benar, bisa dipastikan data sekolah di PDSS juga sudah benar,” katanya dikutip dari laman Universitas Negeri Padang (UNP), Selasa (9/1/2024).

Tahap selanjutnya, sekolah harus menentukan siswa yang eligible memenuhi syarat untuk mengikuti SNBP berdasarkan kuota sekolah dari akreditasi masing-masing sekolah. Pada tahap ini sekolah juga telah harus menyiapkan data-data siswa.

Kemudian, sekolah menentukan rangking siswa yang eligible dengan memasukan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan memasukan kurikulum yang dipakai dan diakhiri dengan proses Finalisasi.

"Finalisasi ini sangat penting karena dari kasus tahun sebelumnya, banyak sekolah lupa memfinalisasi proses pengisian PDSS ini sehingga siswa mereka tidak bisa mendaftar," pungkasnya.

Baca juga: Pengertian Siswa Eligible dan Syaratnya untuk Mendaftar SNBP 2024

Dikutip dari Panduan Pengisian PDSS 2024, berikut ini 13 langkah pengisian PDSS.

13 Langkah Pengisian PDSS 2024

1. Login


Lakukan login pada https://pdss-snbp-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id dengan menggunakan akun yang telah terdaftar di Portal SNPMB.

2. Cek profil sekolah


Pengecekan profil sekolah pada sidebar Profil yang berisikan Informasi Sekolah dan Kepala Sekolah.

3. Definisikan jenis kelas yang ada pada sekolah Anda pada menu Jenis Studi dan Kuota.


Data jurusan ini diambil dari Portal SNPMB dan pastikan Anda sudah memilih jenis kelas untuk setiap jurusan yang sudah didefinisikan.

4. Finalisasi data sekolah


Finalisasi data sekolah Anda pada sidebar Finalisasi dengan menyetujui pernyataan yang ada pada tabel yang berjudul “Finalisasi Data Sekolah”.

5. Tambahkan siswa Eligible pada sidebar Siswa.


Anda dapat menambahkan satu per satu siswa per jurusan dengan mengisikan NISN. Data NISN ini didapatkan langsung dari Portal SNPMB. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan siswa per jurusan dengan melakukan impor data. Panduan lebih detail akan dijelaskan pada bagian 5 dokumen ini.

6. Finalisasi data


Finalisasi data siswa pada sidebar Finalisasi dengan menyetujui pernyataan yang ada pada tabel yang berjudul “Finalisasi Data Siswa”.

7. Mendefiniskan kurikulum setiap semester tingkat sejumlah dengan total semester yang harus ditempuh siswa dikurangi 1 semester yang sedang berjalan.


Mohon perhatikan bahwa setiap jurusan jenis studi yang didefinisikan pada tahapan sebelumnya harus didefinisikan kurikulumnya juga. Akan ada perbedaan cara pengisian untuk sekolah yang menerapkan Kurikulum Merdeka dengan Kurikulum 2013. Bagian ini
dijelaskan lebih lanjut pada bagian 6.

8. Definisikan mata pelajaran setiap semester tingkat.

9. Lakukan finalisasi data kurikulum.


Mohon pastikan Anda sudah benar dalam pengisian sebelum melakukan finalisasi.

10. Pengisian jenis studi setiap Siswa Eligible per Jurusan.

11. Isikan nilai per siswa per semester tingkat dengan mata pelajaran yang telah didefinisikan sebelumnya.


Anda dapat melakukan pengisian per siswa atau secara bulk upload.

12. Lakukan finalisasi data nilai.


Mohon pastikan Anda sudah melakukan pengisian dengan benar sebelum melakukan finalisasi ini karena finalisasi data nilai tidak dapat dibatalkan.

13. Anda masih dapat melakukan pembatalan finalisasi data sekolah, siswa eligible, dan kurikulum dengan syarat finalisasi data nilai/akhir belum dilakukan.


Syarat-syarat pembatalan finalisasi akan dijelaskan selanjutnya.

Demikian 13 langkah pengisian PDSS yang dimulai hari ini. Semoga informasi ini bermanfat ya.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1313 seconds (0.1#10.140)