7 Jurusan Teknik di UM Surabaya yang Bisa Diakses dengan Beasiswa, Ini Daftarnya

Selasa, 09 Januari 2024 - 11:28 WIB
loading...
7 Jurusan Teknik di UM Surabaya yang Bisa Diakses dengan Beasiswa, Ini Daftarnya
Kampus Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya menjadi salah satu universitas yang memiliki jurusan teknik terbaik, salah satunya jurusan teknik elektro. Foto/Ist
A A A
SURABAYA - Ini 7 jurusan teknik di UM Surabaya yang bisa diakses dengan beasiswa. Teknik menjadi salah satu jurusan incaran para calon mahasiswa di banyak perguruan tinggi termasuk di Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya. Jurusan ini paling diminati karena menjanjikan prospek kerja yang menjanjikan setelah lulus.

Jurusan teknik juga menjadi salah satu bidang yang sangat dicari dalam industri pekerjaan. Seperti teknik sipil, teknik mesin, elektro, dan masih banyak lagi. Terkait hal ini UM Surabaya mempunyai tujuh jurusan teknik andalan. Untuk lebih jelasnya, artikel kali ini akan membahasnya, simak ya

7 Jurusan Teknik UM Surabaya yang Jadi Favorit Calon Mahasiswa


1. Teknik Elektro


Teknik Elektro merupakan bidang ilmu yang mempelajari listrik dan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari. Mahasiswa akan dibekali dengan ilmu dan pengetahuan seputar konsep, perancangan, pengembangan, serta produksi perangkat listrik dan elektronik.

Dalam perkuliahan mahasiswa akan banyak membahas metode pembangkit dengan sumber energi baru, metode penyimpanan energi, dan metode kontrol penghematan energi.

2. Teknik Perkapalan


Jurusan Teknik Perkapalan adalah program studi yang mempelajari seluk beluk yang berkaitan dengan kapal. Semua hal yang berkaitan dengan kapal akan dipelajari secara mendalam dan detail oleh mahasiswa.

Prodi ini fokus mempelajari cara merancang sebuah kapal, mempelajari lebih dalam tentang mesin kapal, dan sebagainya. Dengan masuk ke jurusan ini, mahasiswa akan lebih paham bagaimana navigasi kapal, bisa lebih tahu tentang mesin kapal, serta bagaimana pengembangan dari salah satu alat transportasi ini.

3. Teknik Mesin


Jurusan Teknik Mesin tidak melulu soal mesin motor, mobil, dan kegiatan perbengkelan lainnya, Tapi mahasiswa juga akan belajar hal-hal terkait konversi energi, konstruksi dan perancangan, teknik produksi, juga material.

Secara umum mahasiswa akan mempelajari mesin dengan menggunakan dasar fisika dan matematika, seperti pergerakan mesin, aliran air untuk mesin, material dan desain mesin, elemen penting seperti roda gigi dan sumber mata air, metode pengolahan, metode produksi, pengendalian melalui komputer.


4. Teknik Sipil


Jurusan Teknik Sipil adalah bidang ilmu yang mempelajari tentang cara merancang, membangun, manufaktur, hingga konservasi untuk mendukung terbentuknya suatu wilayah.

Teknik Sipil tidak hanya mempelajari tentang pembangunan gedung atau infrastruktur saja, tetapi juga lingkungan yang menyangkut kehidupan manusia.

5. Teknik Arsitektur


Program studi Arsitektur mempelajari tentang desain dan rancangan konstruksi bangunan. Bidang arsitektur lebih cenderung menuangkan ide, konsep, dan desain di atas kertas, sedangkan untuk realisasi pembangunannya akan dikerjakan oleh Teknik Sipil.

Untuk mendalami arsitektur, mahasiswa harus mempelajari kekuatan bangunan (firmitas), estetika atau keindahan bangunan (venustas), dan fungsi bangunan (utilitas). Jurusan Arsitektur juga termasuk jurusan yang populer banyak diminati oleh anak muda di Indonesia.

6. Teknik Industri


Teknik Industri adalah bidang ilmu yang mempelajari bagaimana mengoptimalisasi kegiatan manusia seperti; produksi, pengelolaan dan ekonomi. Lulusan Teknik Industri nantinya bertanggungjawab atas optimalisasi praktis dari sistem produksi pabrik, proposal strategi, serta desain optimal manajemen perusahaan. Di jurusan Teknik Industri, mahasisa akan banyak melakukan penyelesaian masalah melalui pendekatan matematis.

7. Teknik informatika


Teknik Informatika merupakan bidang ilmu yang mempelajari bagaimana menggunakan teknologi komputer secara optimal guna menangani masalah transformasi atau pengolahan data dengan proses logika.

Di Jurusan Teknik Informatika mahasiswa akan mempelajari berbagai prinsip terkait ilmu komputer mulai dari proses perancangan, pengembangan, pengujian, hingga evaluasi sistem operasi perangkat lunak.

Selama menjadi mahasiswa mahasiswa akan banyak mengkaji pemrograman dan komputasi, dan dibekali pula dengan keterampilan merancang perangkat lunak.

Untuk biaya jurusan teknik di UM Surabaya memiliki nominal dana pendidikan yang sama. Berikut rinciannya:


Dana Pendidikan : Rp5.800.000

Uang gedung : Rp6.600.000

Total : Rp12.400.000

Bisa Diakses dengan Beasiswa


Calon mahasiswa perlu tahu bahwa jurusan teknik di UM Surabaya bisa diakses dengan beragam beasiswa. Seperti beasiswa KIP-K, beasiswa tahfidz, beasiswa influencer, beasiswa atlet, beasiswa undangan, beasiswa warga sekitar, beasiswa alumni sekolah Muhammadiyah, beasiswa difabel dan dhuafa.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1851 seconds (0.1#10.140)