Punya Nilai Sosiologi Tinggi? Pilih 6 Jurusan SNBP 2024 Berikut Ini

Kamis, 11 Januari 2024 - 10:19 WIB
loading...
Punya Nilai Sosiologi Tinggi? Pilih 6 Jurusan SNBP 2024 Berikut Ini
Gedung program studi Sosiologi UGM yang berada di bawah Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Prodi Sosiologi menjadi salah satu jurusan SNBP yang cocok bagi kamu yang memiliki nilai Mapel Sosilogi tinggi. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini daftar jurusan kuliah yang cocok untuk lulusan SMA yang memiliki nilai mata pelajaran Sosiologi tinggi. Banyak calon mahasiswa yang mungkin masih bingung menentukan jurusan kuliah yang cocok untuk mendaftar Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2024. Tak terkecuali kamu yang memiliki nilai mata pelajaran (mapel) Sosiologi tinggi

Sosiologi selama ini masuk kategori jurusan Sosial dan Humaniora (Soshum). Sementara seperti diketahui, SNBP 2024 merupakan jalur masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dengan menggunakan rata-rata nilai semua mata pelajaran. Maka dari itu, nilai rata-rata semua pelajaran atau rapor menjadi hal yang sangat penting ketika mendaftar SNBP.

Melansir dari akun Instagram @university.id, dalam SNBP terdapat masing-masing pembobotan untuk setiap jurusan.Jika kamu mempunyai nilai mata pelajaran Sosiologi yang tinggi, maka kamu bisa memilih beberapa jurusan di bawah ini. Simak artikel di bawah ini ya!

7 Jurusan Kuliah SNBP 2024 yang Cocok untuk Nilai Sosiologi Tinggi


1. Jurusan Sosiologi

2. Jurusan Rumpun Pendidikan

3. Jurusan Ilmu Komunikasi

4. Jurusan Bahasa dan Sastra

5. Jurusan Hubungan Internasional

6. Jurusan Jurnalistik dan Media


Apa yang Dipelajari Mahasiswa Sosiologi?


Mahasiswa Sosiologi belajar tentang Perilaku Menyimpang, Stratifikasi Sosial, Sosiologi Kependudukan, Sosiologi Politik, Sosiologi Industri, Masalah Sosial, Pranata Sosial, Sosiologi Komunikasi, Sosiologi Ekonomi, Sosiologi Hukum, Psikologi Sosial, Analisa Geografis dan Spasial, Statistik, dan masih banyak lagi.

Selain mempelajari berbagai mata kuliah Sosiologi di atas, ternyata kita juga mengasah beragam skills saat kuliah di Jurusan Sosiologi. Menjadi mahasiswa Sosiologi itu melatih kita mahir dalam melakukan observasi, penelitian, analisis, bahkan mudah memahami fenomena sosial serta berpikir kritis dan sistematis.

Prospek Kerja Jurusan Sosiologi


Berbekal ilmu sosiologi dan didukung dengan skills yang aduhai, alumni Jurusan Sosiologi punya prospek kerja yang bagus. Rata-rata mereka mampu berpikir komprehensif dalam memahami fenomena yang ada.
Berbagai penelitian lapangan yang dikerjakan selama kuliah juga membuat Sarjana Sosiologi mudah beradaptasi dengan situasi dan lingkungan baru.
Lalu apa gelar Sarjana Sosiologi? Pada umumnya gelar Sarjana Sosiologi adalah S.Sos. (Sarjana Sosiologi). Jikalau di kemudian hari kamu membaca gelar ini di belakang nama seorang peneliti, event organizer, aktivis, jurnalis, spesialis media sosial, bahkan tour guide, besar kemungkinan ia adalah seorang alumnus Jurusan Sosiologi.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1847 seconds (0.1#10.140)