Unpad Buka 3 Jalur Undangan di Seleksi Mahasiswa Baru 2024, Camaba Cek Ya

Jum'at, 12 Januari 2024 - 09:12 WIB
loading...
Unpad Buka 3 Jalur Undangan di Seleksi Mahasiswa Baru 2024, Camaba Cek Ya
Unpad membuka tiga jalur undangan di seleksi mahasiswa baru 2024. Foto/Unpad.
A A A
JAKARTA - Unpad membuka tiga jalur undangan di seleksi mahasiswa baru 2024. Salah satunya undangan siswa berprestasi dari sekolah yang kurang terepresentasi.

Dengan mengusung semangat keberpihakan, Universitas Padjadjaran (Unpad) membuka tiga jalur atau program undangan dan satu beasiswa bagi penyandang disabilitas.

Khusus untuk program undangan, pertama ada undangan bagi siswa yang sekolahnya belum terepresentasikan di Unpad, undangan untuk siswa berprestasi dari daerah terluar, terdepan, dan tertinggal (3T), dan undangan siswa berprestasi dari kalangan keluarga yang belum pernah kuliah.

3 Jalur Undangan di Unpad

1. Undangan Siswa Berprestasi dari Sekolah yang Kurang Terepresentasi


Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unpad Prof. Arief S. Kartasasmita mengatakan, program ini menyasar siswa dari sekolah yang selama ini alumninya belum pernah ada yang diterima di Unpad untuk diprioritaskan diterima.

Baca juga: Sistem Ujian di Jalur Mandiri Unpad 2024 Dihapus, Hanya Perlu Nilai SNBT

"Jadi jangan berkecil hati jika ada teman-teman yang berasal daris sekolah yang seniornya belum pernah ada yang diterima di Unpad," katanya, dikutip dari laman Unpad, Jumat (11/1/2024).

Dia melanjutkan, Unpad sudah memiliki database sekolah yang berhasil diterima di kampusnya pada periode lima tahun ke belakang.

“Nanti kami lihat kalau ada yang lulus dari sekolah yang belum pernah diterima di Unpad, maka kami akan berikan perhatian khusus,” ujarnya.

2. Undangan Siswa dari keluarga yang Belum Pernah Menempuh Studi di Perguruan Tinggi


Jalur undangan kedua ini Unpad memberi prioritas khusus kepada siswa yang memiliki prestasi tapi dari keluarga yang anggotanya belum pernah atau belum ada yang lanjut pendidikant tinggi.

“Jadi kalau di keluarga tersebut tidak pernah ada yang berkuliah, maka yang pertama kali itu akan kami berikan perhatian khusus. Karena dia akan menjadi wakil pertama dari keluarga tersebut untuk bersekolah ke perguruan tinggi,” terangnya.

Direktur Pendidikan dan Internasionalisasi Unpad Mohamad Fahmi, S.E., M.T., menilai, program ini bertujuan untuk membuka peluang bagi masyarakat yang selama ini belum punya akses ke perguruan tinggi.

Baca juga: Mau Kuliah PTN di Bandung, Ini 6 Jalur Masuk Universitas Padjadjaran yang Perlu Diketahui
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0863 seconds (0.1#10.140)