Komplek atau Kompleks, Mana Kata yang Baku Menurut KBBI?

Sabtu, 13 Januari 2024 - 09:23 WIB
loading...
Komplek atau Kompleks, Mana Kata yang Baku Menurut KBBI?
Komplek atau Kompleks, mana kata yang baku menurut KBBI diulas dalam artikel di bawah ini. Ilustrasi/Dok SINDO
A A A
JAKARTA - Komplek atau kompleks, mana kata yang baku menurut KBBI akan diulas dalam artikel ini. Setelah mengetahui mana kata yang baku, penting untuk dipraktikkan dalam penulisan.

Penggunaan kata yang benar atau baku sesuai Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), penting dilakukan saat kamu menulis artikel atau mengerjakan tugas dari guru atau dosen. Dengan belajar menggunakan kata yang benar atau baku sejak dini, kamu sudah berupaya mewujudkan kecintaan terhadap bahasa Indonesia.

Selain itu, kamu juga jadi terlatih atau terbiasa menulis dengan yang kata yang benar atau baku. Pengetahuan tentang mana kata yang baku dan tidak ini juga penting ketika kamu lulus nanti dan ingin menjadi penulis atau editor.

Lalu, di antara kata komplek atau kompleks, mana yang baku menurut KBBI? Berikut ulasannya.

Komplek atau Kompleks?


Untuk mengetahui mana kata yang baku dan tidak baku, kita harus sering membuka KBBI. Jangan khawatir, KBBI pun kini sudah ada yang berbentuk digital. Jadi, kita tak lagi harus membuka satu per satu halaman dari buku KBBI.



Berdasarkan kbbi.kemdikbud.go.id, kata yang baku adalah kompleks. Kata kompleks memiliki beberapa makna. Antara lain,
himpunan kesatuan; kelompok. Makna kata ini misalnya bisa dipakai untuk menyebut kompleks perumahan rakyat. Kata kompleks di sini juga bisa digunakan untuk menyebut kompleks perkantoran.

Makna lain dari kompleks adalah mengandung beberapa unsur yang pelik, rumit, sulit, dan saling berhubungan. Contoh kalimatnya: Masalah yang dihadapinya sangat kompleks dan sulit dipecahkan.

Kompleks juga bermakna sistem gagasan yang tertekan atau dikuasai oleh emosi sehingga dapat menimbulkan tingkah laku yang tidak wajar. Makna lain dari kata kompleks dalam istilah kimia adalah senyawa yang molekul atau ion nonlogamnya melekat pada atom logam pusat.

Demikian ulasan tentang kata kompleks. Jadi, menurut KBBI, kata yang baku adalah kompleks. Sementara, komplek adalah kata tidak baku. Semoga artikel ini bermanfaat.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1262 seconds (0.1#10.140)