Borobudur dan Selimut Nusantara Tampil di Museum Louvre Paris

Minggu, 14 Januari 2024 - 09:50 WIB
loading...
Borobudur dan Selimut Nusantara Tampil di Museum Louvre Paris
Pameran foto bertajuk Borobudur dan peragaan busana Selimut Nusantara hadir di Carrousel du Louvre, Paris. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - “L'Indonésie au Carrousel du Louvre”, program debut Best of Indonesia untuk menghadirkan pameran foto bertajuk “Borobudur” dan wastra tenun Sumba, Timor (NTT), Bali, Sumbawa (NTB), Ulos dari Samosir dan Songket dari Sumatera bertajuk “Selimut Nusantara” tampil di Carrousel du Louvre, Paris, Prancis sejak 28 November 2023 hingga 3 Januari 2024.

Sebuah perhelatan berjudul "L'Indonésie au Carrousel du Louvre" yang digagas oleh Best of Indonesia, perusahaan media promosi digital global dengan misi untuk meningkatkan visibilitas jenama dan talenta terbaik Indonesia yang berbasis di Prancis resmi digelar, 28 November 2023 di Paris, Prancis.

Untuk perhelatan ini Best of Indonesia berkolaborasi bersama Maestro adi busana Indonesia, Edward Hutabarat serta Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).

22 foto karya Edward Hutabarat dipamerkan di sepanjang kompleks perbelanjaan yang berada di area Museum Louvre.

Baca juga: Edward Hutabarat Hadirkan Keindahan Borobudur dan Wastra Indonesia di Carrousel du Louvre Paris

Sementara dalam kesempatan peragaan busana “Selimut Nusantara” karya Edward Hutabarat, 20 model Eropa membawakan rangkaian keindahan dan keanggunan busana dan selimut yang terjalin dari tenun Nusantara yang begitu menyihir dan membangkitkan kekaguman dari hadirin yang menyaksikan.

Momen pembukaan dihadiri oleh tamu undangan dari kalangan terbatas dan eksklusif komunitas kreatif dan
bisnis, diplomatik, serta komunitas international tingkat tinggi di Paris, termasuk Kartika Soekarno.

Franka Makarim dalam sambutannya menyampaikan, “Borobudur” dan “Selimut Nusantara” ini menonjolkan keajaiban, warna, ritme leluhur yang menjadi ciri khas Indonesia yang dipenuhi modernitas tunggal.

Foto perjalanan seputar kain, pembuatannya, batik, kerajinan tenun inilah, ujarnya, yang dikenal dunia seni dan fashion.

Foto-foto ini juga menampilkan gambaran candi Budha terbesar di dunia Borobudur, sebuah ikon Indonesia yang sekaligus terdaftar sebagai situs warisan dunia UNESCO.

"Ini adalah salah satu ikhtiar strategis pengembangan Warisan Budaya Indonesia, serta Diplomasi Budaya. Kita bangga, kebudayaan Indonesia bisa tampil dengan berkelas di salah satu museum seni terbesar di dunia," ujarnya, dalam keterangan resmi, dikutip Minggu (14/1/2023).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3098 seconds (0.1#10.140)