5 Universitas Negeri Luar Pulau Jawa dengan Skor SINTA Tertinggi, Ada Dua Kampus Makassar

Senin, 15 Januari 2024 - 08:33 WIB
loading...
5 Universitas Negeri Luar Pulau Jawa dengan Skor SINTA Tertinggi, Ada Dua Kampus Makassar
5 universitas negeri di luar Pulau Jawa dengan skor SINTA Tertinggi. Posisi pertama adala Unhas. Foto/YouTube Unhas.
A A A
JAKARTA - Terdapat lima universitas negeri di luar Pulau Jawa yang memiliki skor SINTA (Science and Technology Index) tertinggi. Lima kampus ini masuk top 30 universitas yang punya skor SINTA tinggi.

Skor SINTA ini merupakan alat ukur yang digunakan untuk mengetahui kinerja ilmu pengetahuan dan teknologi suatu universitas.

Penilaian ini didasarkan pada kinerja peneliti, penulis, jurnal, dan institusi ilmu pengetahuan dan teknologi yang dioperasikan Kemendikbudristek.

Baca juga: Bingung Pilih Kampus? Ini 80 Universitas Berakreditasi Unggul BAN-PT hingga Awal 2024

Sehingga bagi calon mahasiswa yang punya cita-cita untuk menempuh pendidikan di kampus terbaik, skor SINTA ini dapat dijadikan patokan.

Meskipun saat ini peringkat 10 besar masih diduduki oleh perguruan tinggi di Pulau Jawa, namun masih ada beberapa PTN luar Jawa yang masuk 30 besar untuk peringkat skor SINTA.

5 Universitas Negeri Luar Pulau Jawa dengan Skor SINTA Tertinggi

1. Universitas Hasanuddin


Universitas Negeri luar Pulau Jawa dengan skor SINTA tertinggi dipegang oleh Universitas Hasanuddin. Universitas yang berada di Makassar, Sulawesi Selatan ini berada di posisi 11 untuk universitas dengan skor SINTA tertinggi.

Universitas Hasanuddin mendapat skor 440.330 dalam tiga tahun ke belakang, dan memiliki skor 1.134.988 untuk total penilaian sejak awal.

2. Universitas Udayana


Posisi kedua ditempati Universitas Udayana yang berada di urutan 19. Perguruan Tinggi Negeri ini berada di bawah Universitas Telkom, dan di atas Universitas Negeri Malang.

Kampus yang berada di Bali ini mendapat total skor 352.690 dalam tiga tahun ke belakang. Sementara total skornya adalah 1.009.576.

3. Universitas Negeri Padang


Universitas Negeri Padang berada tepat di bawah Universitas Negeri Semarang di posisi 21, dan berada di atas Universitas Negeri Jakarta.

Baca juga: PTS Tak Kalah dengan PTN, Ini 14 Kampus Swasta Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2024

PTN yang berada di Sumatera Barat ini memiliki skor 339.818 dalam tiga tahun ke belakang, dan skor total 811.928.

4. Universitas Sumatera Utara


Universitas Sumatera Utara berada di posisi 25 untuk Universitas dengan skor SINTA tertinggi. Posisinya berada di bawah Universitas Surabaya dan di atas Universitas Pamulang.

Dalam tiga tahun terakhir, USU mendapat skor 312.762. PTN ini juga mendapat skor total 834.716.

5. Universitas Negeri Makassar


Universitas Negeri luar Pulau Jawa yang masuk 30 besar terakhir ini berada di posisi 27. Posisinya tepat berada di bawah Universitas Pamulang dan di atas Universitas Jember.

PTN satu ini memiliki SINTA Skor untuk 3 tahun sebesar 291.474, dan SINTA Skor total sebesar 579.581.

Itulah lima universitas negeri luar Jawa yang mendapat skor SINTA tertinggi hingga masuk daftar 30 besar. Sejumlah kampus ini tentunya dapat menjadi rekomendasi bagi calon mahasiswa yang ingin menempuh pendidikan terbaik namun berada di luar Jawa.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.9053 seconds (0.1#10.140)