Apakah Siswa Eligible Pasti Lolos SNBP 2024? Jangan Gagal Paham, Ini Penjelasannya

Selasa, 16 Januari 2024 - 11:18 WIB
loading...
Apakah Siswa Eligible Pasti Lolos SNBP 2024? Jangan Gagal Paham, Ini Penjelasannya
Menjadi siswa eligible belum tentu diterima melalui jalur SNBP karena para siswa eligible yang mendaftar PTN melalui jalur SNBP 2024 tetap akan diseleksi dari ribuan siswa yang mendaftar. Foto/okezone
A A A
JAKARTA - Apakah siswa eligible pasti lolos SNBP 2024 ? Pertanyaan itu terkadang menggemuka saat musim pendaftaran Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) tahun 2024 saat ini.

Perlu diketahui, tak semua calon mahasiswa bisa menngikuti pendaftaran seleksi masuk perguruan tinggi negeri melalui jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP).

Hanya siswa kelas 12 yang dinyatakan menjadi siswa eligible yang bisa mendaftar melalui jalur SNBP 2024. Dari data dan fakta-fakta tersebut lalu muncul pertanyaan, jika terdaftar sebagai siswa eligible apakah pasti lolos SNBP 2024? Untuk menjawab pertanyaan itu, artikel kali ini akan mengulasnya, simak penjelasan di bawah ini ya!

Meski Memenuhi Syarat, Siswa Eligible Belum Tentu Diterima di SNBP


Dikutip dari Instagram @theking.education, siswa eligible merupakan siswa terpilih yang memenuhi syarat mengikuti seleksi masuk PTN melalui jalur prestasi atau SNBP. Perlu diketahui bahwa tak semua siswa yang terdaftar sebagai siswa eligible pasti lolos SNBP 2024.

Menjadi siswa eligible belum tentu diterima melalui jalur SNBP, bahkan sebanyak 82% siswa eligible yang mendaftar melalui jalur SNBP gagal lolos masuk PTN yang dituju. Hal ini dikarenakan, para siswa eligible yang mendaftar PTN melalui jalur SNBP 2024 akan diseleksi dari ribuan siswa yang mendaftar.



Maka dari itu bagi yang terdaftar sebagai siswa eligible harus memiliki nilai rapor dan prestasi juga harus tepat dalam memilih jurusan kuliah di PTN. Untuk bisa menjadi siswa eligible, akreditasi sekolah menjadi salah satu faktor penentu dalam menetapkan siswa eligible SNBP 2024.

Rincian Kuota Siswa Eligible Berdasarkan Akreditasi Sekolah


1. Sekolah terakreditasi A memperoleh kuota 40 persen

2. Sekolah terakreditasi B memperoleh kuota 25 persen

3. Sekolah terakreditasi C memperoleh kuota 5 persen

Jika ingin tahu kuota siswa eligible di sekolah, bisa mengeceknya melalui laman snpmb.bppp.kemdikbud.go.id.

Ketentuan Pemeringkatan Siswa Eligible SNBP 2024

1.Pemeringkatan siswa dilakukan oleh sekolah dengan memperhitungkan nilai rata-rata semua mata pelajaran di rapor semester 1-5

2. Sekolah bisa menambahkan kriteria lain berupa prestasi akademik dalam menentukan peringkat siswa bila ada nilai yang sama

3. Jumlah siswa yang masuk dalam pemeringkatan sesuai dengan ketentuan kuota dari akreditasi sekolah

Untuk menentukan siswa eligible SNBP, maka sekolah akan mengurutkan nilai dan prestasi dari seluruh siswa berdasarkan nilai dan prestasi yang terbaik (ranking paralel). Adapun siswa yang masuk dalam peringkat kuota sekolah yang dinyatakan eligible bisa mendaftar PTN melalui SNBP 2024
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4319 seconds (0.1#10.140)