Naik Status Jadi PTN BH, UT Resmi Luncurkan 2 Prodi Baru

Rabu, 17 Januari 2024 - 08:01 WIB
loading...
Naik Status Jadi PTN BH, UT Resmi Luncurkan 2 Prodi Baru
UT meluncurkan dua prodi baru yaitu S1 Pendidikan Agama Islam dan Magister Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Foto/UT.
A A A
TANGERANG SELATAN - Universitas Terbuka (UT) meluncurkan dua program studi baru di awal 2024 ini. Prodi tersebut adalah S1 Pendidikan Agama Islam dan Magister Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Rektor UT Prof Ojat Darojat mengatakan, UT pada 20 Oktober 2022 lalu telah resmi naik kelas bertransformasi menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN BH).

"UT dapat berdiri sejajar dengan PTN-PTN terbaik di Indonesia yang sudah lebih dahulu resmi sebagai PTN BH," katanya pada peluncuran prodi baru, dalam keterangan resmi, Rabu (17/1/2024).

Baca juga: Universitas Terbuka Segera Buka 4 Prodi Baru, Ini Daftarnya

Dia melanjutkan, momen kali ini sangat bersejarah karena untuk pertama kalinya sejak berstatus PTN BH, UT meluncurkan dua program studi baru.

Masing-masing satu program studi pada jenjang Sarjana yaitu Pendidikan Agama Islam (PAI) pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dan Magister Pendidikan Anak Usia Dini (MPAD) pada Sekolah Pascasarjana.

"Tentunya pancapaian ini tidak terlepas dari upaya keras dan pengorbanan dari bebagai pihak, baik internal UT ataupun mitra terbaik UT," ujarnya.

Dasar pembukaan Prodi-Prodi baru adalah Peraturan Mendikbudristek no.53 tahun 2023 tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi dan persetujuan senat UT.

Baca juga: Unhan Resmi Buka Pendidikan Magister Eksekutif Prodi Strategi Perang Semesta

Data lulusan PGPAUD-UT sejak 2017 – 2023 sebesar 49.401 orang, dan sebagian besar belum melanjutkan ke jenjang S2. Sedangkan data pada BAN-PT, di Indonesia terdapat 149 Program Studi S1 PGPAUD/PIAUD tetapi baru ada 13 Program Studi S2 PGPAUD, sehingga peran UT sangat strategis dalam menyambut keinginan masyarakat dalam peningkatan kualifikasi Guru PAUD.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1686 seconds (0.1#10.140)