Begini Cara Lintas Jurusan pada SNBP dan SNBT 2024, Perhatikan Mapel Pendukung

Rabu, 17 Januari 2024 - 13:32 WIB
loading...
Begini Cara Lintas Jurusan pada SNBP dan SNBT 2024, Perhatikan Mapel Pendukung
Dalam aturan SNBP 2024, mereka yang mau lintas jurusan harus memenuhi ketentuan mata pelajaran (Mapel) pendukung.Foto ilustrasi/Ist
A A A
JAKARTA - Begini cara lintas jurusan kuliah di SNBP dan SNBT 2024 yang perlu diketahui. Pemilihan jurusan kuliah di seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) baik di SNBP maupun SNBT sangatlah penting karena bisa memengaruhi masa depan dan juga strategi untuk lolos.

Satu lagi yang perlu diperhatikan soal pemilihan jurusan adalah cara lintas jurusan atau pindah jurusan. Secara sederhana, lintas jurusan adalah mengambil jurusan kuliah yang berbeda dengan jurusan atau peminatan selama SMA.

Kebijakan bisa lintas jurusan saat SNBP maupun SNBT sebenarnya bukan hal baru karena sudah berlangsung sejak tahun 2023.Untuk membahas hal itu di SNBP dan SNBT 2024, artikel kali ini akan membahasnya, simak ya!

Cara Lintas Jurusan SNBP 2024


Dilansir dari laman Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2024, ada prinsip seleksi SNBP yang harus diketahui siswa:

a. Memperoleh calon mahasiswa berkualitas secara akademik.

b. Menggunakan nilai rapor dan prestasi lainnya dan memperhitungkan rekam jejak kinerja sekolah.

c. Memperhitungkan lintas jurusan.

d. Memakai kriteria seleksi nasional dan kriteria yang ditetapkan setiap PTN secara adil, akuntabel, serta transparan.

Dalam aturan SNBP, calon mahasiswa memang diperkenankan memilih program studi sesuai keinginan, termasuk mereka yang mau lintas jurusan, tetapi tetap berpedoman pada asas Merdeka Bertanggung Jawab.


Mereka yang mau lintas jurusan harus memenuhi ketentuan mata pelajaran (Mapel) pendukung. Mata pelajaran pendukung adalah pelajaran yang berhubungan dengan jurusan pilihan kamu. Mata pelajaran ini termasuk salah satu aspek penggali minat bakat.

Sebagai contoh, kamu siswa IPS yang ingin memilih jurusan Biologi, maka mata pelajaran pendukung yang diperhitungkan pada Kurikulum Merdeka adalah Biologi atau Kimia maupun keduanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1505 seconds (0.1#10.140)