Yang Mau Kuliah di UNS Wajib Tahu, Ini 14 Jalur Masuk untuk Program S1 dan Vokasi

Jum'at, 19 Januari 2024 - 13:18 WIB
loading...
Yang Mau Kuliah di UNS Wajib Tahu, Ini 14 Jalur Masuk untuk Program S1 dan Vokasi
Salah satu jalur masuk ke UNS adalah Seleksi Mandiri Jalur Prestasi (SMJP). Sebagai jalur mandiri milik UNS, jalur ini ditujukan bagi calon mahasiswa lulusan SMA/SMK/sederajat yang memiliki prestasi baik di bidang akademik maupun non akademik. Foto/Ist
A A A
SOLO - Ini 14 jalur masuk ke UNS untuk program S1 dan vokasi yang wajib diketahui calon mahasiswa. Kamu ingin kuliah di kampus negeri di sekitar Jawa Tengah atau DIY? Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo bisa menjadi pilihan. Berada di jantung Kota Surakarta, UNS menjadi salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) favorit di Jateng

Bagi kamu yang berminat daftar di UNS, ada baiknya mengetahui informasi mengenai jalur masuk ke kampus yang berada di wilayah Kentingan, Solo tersebut. Dirangkum dari berbagai sumber, setidaknya ada 14 jalur masuk ke UNS yang perlu diketahui. Apa saja? Untuk membahasnya, artikel kali ini akan menguraikannya, simak ya!

14 Jalur Masuk di UNS untuk Program S1 dan Vokasi


1. SNBP


Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) merupakan seleksi masuk perguruan tinggi secara nasional yang diselenggarakan oleh Tim Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BPPP) Kemendikbudristek. Seleksi ini didasarkan melalui rapor dan prestasi mahasiswa.

Hingga saat ini, proses SNBP memasuki tahapan pembuatan akun SNPMB yang masih dibuka hingga tanggal 15 Februari untuk siswa. Sedangkan pendaftarannya sendiri akan dimulai pada 14 Februari 2024 mendatang. Jalur ini juga berlaku untuk seleksi seluruh program studi Vokasi yang ada di UNS.

2. SNBT


Seperti SNBP, SNBT merupakan seleksi masuk perguruan tinggi secara nasional. Bedanya, peserta akan mengikuti seleksi berdasarkan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Seperti SNBP, seleksi SNBT dimulai dengan memiliki akun SNPMB.
Jalur ini juga berlaku untuk seleksi seluruh program studi Vokasi yang ada di UNS.

3. SM UNS-SMJP


Seleksi Mandiri Jalur Prestasi (SMJP) merupakan salah satu jalur seleksi mandiri milik UNS. Tidak perlu mengikuti tes, jalur ini ditujukan bagi calon mahasiswa lulusan SMA/SMK/sederajat yang memiliki prestasi baik di bidang akademik maupun non akademik seperti bidang penalaran, minat/bakat, hingga keagamaan.

Hingga saat ini belum ada informasi terbaru terkait jadwal pendaftaran. Namun, bila mengacu pada tahun 2023 pendaftaran akan dilaksanakan di bulan Mei-Juni.Jalur ini juga berlaku untuk seleksi seluruh program studi Vokasi yang ada di UNS.


4. SM UNS-SMJK


Seleksi Mandiri Jalur Kemitraan (SMJK) diperuntukkan bagi lulusan SMA/SMK/sederajat paling lama tiga tahun terakhir yang memenuhi persyaratan yang ditentukan UNS. Mereka juga mendapatkan rekomendasi dari instansi mitra yang mempunyai Perjanjian Kerja Sama (PKS).

Seleksinya berlangsung sekitar bulan Mei-Juni mendatang. Jalur ini juga berlaku untuk seleksi seluruh program studi Vokasi yang ada di UNS.

5. SM UNS-SMJD


Seleksi Mandiri Jalur Disabilitas (SMJD) diperuntukan bagi calon mahasiswa disabilitas lulusan SMA/SMK/SMALB/sederajat yang memiliki kemampuan akademik baik dan memungkinkan untuk menyelesaikan pendidikan tinggi. Seleksinya sekitar bulan Mei-Juni mendatang. Jalur ini juga berlaku untuk seleksi seluruh program studi Vokasi yang ada di UNS.

6. SM UNS-SMJKM


Seleksi Mandiri Jalur Kepemimpinan Muda (SMJKM) bertujuan menjaring calon mahasiswa lulusan SMA/SMK/sederajat yang pernah mengemban tugas sebagai ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) minimal satu periode. Pendaftarannya sekitar bulan Mei-Juni. Jalur ini juga berlaku untuk seleksi seluruh program studi Vokasi yang ada di UNS.

7. SM UNS-SMJKI (Nilai UTBK)


Seleksi Mandiri Jalur Kelas Internasional (SMJKI) merupakan program kelas internasional yang memungkinkan mahasiswa mendapat pengalaman belajar secara internasional pula. Materi perkuliahan akan disampaikan dalam Bahasa Inggris.

Jalur ini tidak mengikuti tes tulis lantaran berdasarkan nilai UTBK-SNBT. Jadi, bila detikers ingin mendaftar di jalur ini, pastikan sudah memiliki nilai UTBK-SNBT ya. Pendaftaran dilakukan bulan Mei-Juni.

8. SM UNS-SMJKI (Utul UNS)


Seperti SMJKI jalur sebelumnya, mahasiswa yang diterima melalui jalur ini akan mendapat pengalaman belajar secara internasional dengan bahasa pengantar Bahasa Inggris. Bedanya pendaftaran tidak menggunakan nilai UTBK-SNBT melainkan melalui ujian tulis yang diselenggarakan UNS.

Pendaftaran dilakukan bulan Mei-Juni dan ujian pada bulan Juli. Ujian yang akan dilalui peserta seperti ujian tulis dan ujian khusus termasuk keterampilan ataupun wawancara.

9. SM UNS-SMJU (UTBK)


Seleksi Mandiri Jalur Ujian (SMJU) UTBK memungkinkan mahasiswa diseleksi menggunakan nilai UTBK-SNBT yang dikeluarkan oleh Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BPP). Pendaftaran dilakukan secara online sekitar Mei-Juni. Jalur ini juga berlaku untuk seleksi seluruh program studi Vokasi yang ada di UNS.

10. SM UNS-SMJU (Utul UNS)


SMJU Utul UNS diperuntukkan bagi lulusan SMA/SMK/sederajat paling lama tiga tahun terakhir. Calon mahasiswa akan diseleksi dengan menggunakan nilai ujian tulis (Utul) yang diselenggarakan oleh UNS.

Pendaftaran berlangsung bulan Mei-Juni 2024 dan ujian di bulan Juli. Jalur ini juga berlaku untuk seleksi seluruh program studi Vokasi yang ada di UNS.

11. SM UNS-SMJU (Utul UNS) Gelombang II


Sama dengan SMJU Utul UNS, calon mahasiswa akan diseleksi melalui nilai ujian tulis yang diselenggarakan UNS. Namun, proses pendaftaran gelombang II berlangsung di bulan Juli. Jalur ini juga berlaku untuk seleksi seluruh program studi Vokasi yang ada di UNS.

12. SM UNS-SMJU (UTBK UNS) Gelombang II


Sama dengan SMJU UTBK sebelumnya, seleksi ini menggunakan nilai UTBK yang dikeluarkan oleh BPPP. Pendaftaran gelombang II dilaksanakan bulan Juli. Jalur ini juga berlaku untuk seleksi seluruh program studi Vokasi yang ada di UNS.

13. SM UNS-SMJKI (Utul UNS) Gelombang II


Seleksi ini merupakan kesempatan kedua untuk mendaftar UNS jalur kelas internasional. Proses seleksi menggunakan ujian tulis yang diselenggarakan UNS. Pendaftaran dan ujian dilakukan bulan Juli.

14. SM UNS-SMJKI (Nilai UTBK) Gelombang II


Menjadi kesempatan kedua dan terakhir bagi mahasiswa yang ingin mendaftar UNS jalur kelas internasional. Proses seleksinya menggunakan nilai UTBK yang dikeluarkan oleh BPPP Kemendikbudristek. Pendaftaran dan ujian akan berlangsung pada bulan Juli.

Untuk diingat seluruh jadwal pendaftaran mengacu pada seleksi di tahun 2023. Jadi, masih ada kemungkinan jadwal berubah di kemudian hari.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0774 seconds (0.1#10.140)