Kisah Machrus, Kader Ansor yang Sukses Meraih Beasiswa LPDP S2 dan S3

Minggu, 21 Januari 2024 - 13:59 WIB
loading...
Kisah Machrus, Kader Ansor yang Sukses Meraih Beasiswa LPDP S2 dan S3
Kader Ansor Malang M Ali Machrus menceritakan pengalamannya meraih beasiswa LPDP S2 dan S3. Foto/NU Online Jatim.
A A A
JAKARTA - Kader Ansor Malang M Ali Machrus menceritakan pengalamannya meraih beasiswa LPDP S2 dan S3. Simak juga strateginya untuk bisa lolos di beasiswa populer yang persaingannya ketat ini.

Machrus adalah alumnus UIN Maulana Malik Ibrahim Malang jurusan S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI). Machrus juga penerima beasiswa Bidikmisi Kementerian Agama (Kemenag)di UIN Malang. Bidikmisi saat ini dikenal dengan nama Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah.

Awal mula ia mengenal beasiswa LPDP ialah ketika menjelang ia lulus dari UIN Malang sekitar 2015 lalu. Berbagai informasi mengenai beasiswa LPDP pun dihimpun guna bisa sukses mendaftar usai lulus kuliah nanti. Hingga ketika ia lulus S1 PGMI UIN Malang pada 2016 lalu, ia dan teman-temannya sepakat membuat tim untuk bersama mendaftar beasiswa S2 LPDP.

"Kita latihan, ada namanya FGD. Latihan tema, bikin essay on the spot, sampai latihan wawancara. Jadi kita saling cek, saling periksa teks essay yang telah kita tulis. Alhamdulillah, 2016 saya di terima untuk studi lanjut S2 PGMI UIN Malang," katanya, dikutip dari laman NU Online Jatim, Minggu (21/1/2024)

Baca juga: Pemerintah Akan Hentikan Alokasi Anggaran untuk Beasiswa LPDP

Kader Ansor yang merupakan alumnus Pesantren Ilmu Qur'an (PIQ) Singosari tersebut juga menceritakan, meskipun ia menjadi Awardee 2016, namun dia harus menunggu hingga akhirnya masuk perkuliahan tahun 2018.

"Jadi dalam penantian itu, dulu ada namanya pengayaan bahasa selama 3 bulan di Yogyakarta. Baru masuk kuliah tahun 2018. Alhamdulillah, kuliahnya lancar, sempat menjadi lurah LPDP di UIN Malang. Kemudian, saya semakin tahu sistemikanya," jelasnya.

Kader Ansor kelahiran 15 Januari 1994 tersebut menjelaskan, saat dirinya mendapatkan amanah sebagai lurah, dirinya sering berkomunikasi dan bertemu dengan pihak Monev LPDP, alumni, dan awardee lainnya.

"Saat jadi lurah saya juga mengambil jatah konferensi di Hongkong. Alhamdulillah, lulus dengan predikat Cumlaude. Itu di masa Covid-19," ungkapnya.

Usai merampungkan kuliah, dia yang juga kader Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Singosari itu mengabdikan diri membantu kelompok tani untuk branding, akreditasi, dan lainnya di Wonosantri.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2145 seconds (0.1#10.140)