Mau Berkarier di Perkapalan? Ini 10 Sekolah Kedinasan Pelayaran Milik Kemenhub yang Menjanjikan

Selasa, 23 Januari 2024 - 13:57 WIB
loading...
Mau Berkarier di Perkapalan? Ini 10 Sekolah Kedinasan Pelayaran Milik Kemenhub yang Menjanjikan
Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran atau STIP Jakarta menjadi salah satu sekolah kedinasan bidang pelayaran di bawah Kementerian Perhubungan. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini informasi mengenai 10 sekolah kedinasan pelayaran milik Kemenhub . Ingin bekerja di pelayaran? Cobalah mendaftar sekolah kedinasan pelayaran di bawah binaan Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Pendaftaran Sekolah kedinasan milik Kemenhub dibuka bagi lulusan SMA, SMK sederajat.

Selain berkesempatan menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil atau CPNS setelah lulus, profesi bidang pelayaran dikenal menawarkan prospek gaji tinggi.Benarkah? Untuk membahas sekolah kedinasan pelayaran milik Kemenhub, artikel kali ini akan mengulasnya, simak ya!

10 Sekolah Kedinasan Pelayaran Milik Kemenhub


1. Politeknik Ilmu Pelayaran atau PIP Makassar


Sekolah kedinasan ini berlokasi di Makassar, Sulawesi Selatan. Pendidikan di sekolah ini berada pada jenjang Diploma 4. Program studi yang dibuka yaitu Nautika, Teknika, dan Ketatalaksanaan Angkutan Laut dan Kepelabuhan (KALK).

2. Politeknik Ilmu Pelayaran atau PIP Semarang


Sekolah kedinasan ini menawarkan lulusan SMA, SMK kuliah jenjang Diploma 4. Program studi yang dibuka yaitu Nautika, Teknika, dan Ketatalaksanaan Angkutan Laut dan Kepelabuhan (KALK).

3. Politeknik Pelayaran atau Poltekpel Sorong


Sekolah kedinasan dalam naungan Kemenhub yang berada di Papua Barat ini menawarkan pendidikan di jenjang D3. Program studi yang dibuka ada tiga yaitu Studi Nautika, Permesinan Kapal, dan Manajemen Transportasi Laut.

4. Politeknik Pelayaran atau Poltekpel Sulawesi Utara


Poltekpel Sulawesi Utara menawarkan kuliah jenjang D3. Masyarakat bisa memilih salah satu dari program studi yang ada yaitu Studi Nautika, Permesinan Kapal, dan Manajemen Transportasi Laut.


5. Politeknik Pelayaran atau Poltekpel Banten


Poltekpel Banten juga menyelenggarakan pendidikan pelayaran untuk jenjang D3. Program studi yang dibuka yaitu Studi Nautika, Permesinan Kapal, dan Manajemen Transportasi Laut.

6. Politeknik Pelayaran atau Poltekpel Barombong


Lokasi Poltekpel Barombong terletak di Makassar, Sulawesi Selatan. Sekolah transportasi ini membuka pendidikan untuk masyarakat pada jenjang D3. Ada tiga program studi yang bisa dipilih yaitu Studi Nautika, Permesinan Kapal, dan Manajemen Transportasi Laut.

7. Politeknik Pelayaran atau Poltekpel Malahayati


Poltekpel Malahayati berada di Aceh. Siswa lulusan SMA, SMK yang ada di Pulau Sumatera bisa memilih belajar di sekolah kedinasan ini. Sekolah ini memiliki 3 program studi yang berada di jenjang D3 yaitu Studi Nautika, Permesinan Kapal, dan Sistem Kelistrikan Kapal.

8. Politeknik Pelayaran atau Poltekpel Sumatera Barat


Perguruan tinggi kedinasan lainnya di bidang pelayaran yaitu Politeknik Pelayaran atau Poltekpel Sumatera Barat. Ada prodi D3 Studi Nautika, D3 Teknologi Nautika, dan D4 Transportasi Laut.

9. Politeknik Pelayaran atau Poltekpel Surabaya


Politeknik Pelayaran atau Poltekpel Surabaya punya banyak pilihan program studi dibanding sekolah kedinasan pelayaran lainnya.
Ini daftarnya:

a. D4 Teknologi Rekayasa Kelistrikan Kapal
b. D4 Teknologi Rekayasa Operasi Kapal
c. D4 Teknologi Rekayasa Permesinan Kapal
d. D4 Transportasi Laut
e. D3 Elektro Pelayaran
f. D3 Nautika

10. Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran atau STIP Jakarta


Lokasi sekolah kedinasan ini ada di Jakarta Utara. Berbeda dengan perguruan tinggi lainnya, sekolah ini membuka pendidikan khusus untuk jenjang D4 saja. Yaitu Nautika, Teknika, dan Ketatalaksanaan Angkutan Laut dan Kepelabuhan (KALK).
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3064 seconds (0.1#10.140)