Camaba Merapat, Ini Tips Memilih Jurusan yang Tepat dari Psikolog Pendidikan Unair

Rabu, 24 Januari 2024 - 08:41 WIB
loading...
Camaba Merapat, Ini Tips Memilih Jurusan yang Tepat dari Psikolog Pendidikan Unair
Adanya beragam pilihan jurusan kuliah sering menyebabkan calon mahasiswa baru bingung. Psikolog Unair pun membagikan sejumlah tips. Foto/Humas UI.
A A A
JAKARTA - Adanya beragam pilihan jurusan kuliah sering menyebabkan calon mahasiswa baru bingung. Psikolog Unair pun membagikan sejumlah tips agar mudah memilih jurusan.

Psikolog Pendidikan Universitas Airlangga (Unair) Iwan Wahyu Hidayat mengatakan, mengetahui potensi diri adalah langkah awal yang krusial dalam menentukan arah pendidikan tinggi juga karier di masa depan.

“Dengan mengetahui potensi diri, kita bisa memahami secara lebih baik kekuatan dan kelemahan yang kita miliki," katanya, dikutip dari laman Unair, Rabu (24/1/2024).

Tips Mengenali Potensi Diri


Iwan menjelaskan, cara mengetahui potensi diri itu antara lain dengan melihat lagi pengalaman hidup, hal-hal yang selama ini disukai, kegiatan yang sering dilakukan, dan di lini mana kita bisa memberikan prestasi terbaik atau upaya optimal.

Baca juga: 8 Jurusan yang Cocok Berdasarkan MBTI, Tes Berdasarkan Karakter Seseorang, Apa Saja?

Iwan juga menjelaskan, menjalani berbagai tantangan aktivitas dan lebih banyak keterlibatan di sekolah atau organisasi luar sekolah juga bisa membuka wawasan lebih dalam tentang diri sendiri, di samping meminta bantuan psikolog atau konselor.

Tips Menentukan Jurusan yang Tepat


Namun demikian, tidak sedikit siswa yang sudah mengetahui potensi diri namun masih bingung memilih jurusan kuliah. Menurutnya, kendala ini bisa diantisipasi dengan menentukan sejak dini tujuan karier di masa depan.

Iwan menggarisbawahi, karier memiliki pengertian yang lebih luas. Ini berbeda dengan memilih pekerjaan atau profesi.

Apabila telah memiliki pilihan yang lebih spesifik, dapat mencari informasi rinci tentang pilihan karier yang dipilih. Misalnya dengan berdiskusi dengan kerabat, tetangga, atau kenalan yang bekerja pada bidang yang menjadi pilihan karier tersebut.
Namun, lanjutnya, calon mahasiswa baru bisa juga dengan membaca biografi orang atau tokoh tertentu yang bekerja pada bidang tersebut.

Baca juga: Hindari Penyesalan di Masa Depan, Begini 12 Tips Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat

“Jangan ragu untuk berdiskusi dengan konselor sekolah atau psikolog pendidikan. Acara-acara seperti career expo atau job fair bisa memberikan gambaran yang lebih jelas tentang berbagai profesi dan jurusan,” tambahnya.

Pada akhir, Wahyu berpesan kepada seluruh calon mahasiswa baru bahwa modal dasar yang dibutuhkan untuk sukses dalam karier adalah kemampuan untuk terus belajar, meng-upgrade diri, dan beradaptasi dengan perubahan.

Dengan mengetahui dan mengembangkan potensi diri, serta tetap terbuka terhadap perubahan, calon mahasiswa bar dapat memandu diri mereka menuju masa depan yang sukses dan memuaskan.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0877 seconds (0.1#10.140)