5 Universitas Negeri Jurusan DKV dengan Akreditasi A di Indonesia

Rabu, 24 Januari 2024 - 12:22 WIB
loading...
5 Universitas Negeri Jurusan DKV dengan Akreditasi A di Indonesia
Universitas negeri yang menawarkan jurusan DKV (Desain Komunikasi Visual) dengan akreditas A bisa menjadi rekomendasi calon mahasiswa baru. Foto/sae.edu.au.
A A A
JAKARTA - Universitas negeri yang menawarkan jurusan DKV ( Desain Komunikasi Visual) dengan akreditasi A di Indonesia bisa menjadi rekomendasi bagi calon mahasiswa baru yang ingin berkarier di industri kreatif.

Jurusan ini begitu populer karena prospek kerjanya yang luas, mulai dari desainer grafis, animator, ilustrator, hingga web designer.

Selain universitas swasta, terdapat juga beberapa universitas negeri yang menawarkan jurusan DKV dengan kualitas pendidikan yang mumpuni. 5 universitas negeri berakreditasi A berikut ini bisa menjadi pilihan yang tepat bagi kamu yang tertarik untuk kuliah di jurusan DKV.

5 Universitas Negeri Jurusan DKV Terakreditasi A

1. Institut Teknologi Bandung (ITB)


Sejak tahun 2005, jurusan DKV ITB telah menerima akreditasi A dari BANPT. DKV ITB menawarkan 4 jalur peminatan yang akan menjadi spesialisasi lulusannya, yaitu: Desain Grafis, Komunikasi Visual Periklanan, Komunikasi Visual Multimedia, dan Narasi Visual Digital. DKV ITB juga telah berkolaborasi dengan industri kreatif nasional maupun internasional, seperti AIDIA, ADGI, AINAKI, dan AGI.

Baca juga: 6 Jurusan Paling Diminati di UGM, Selain Kedokteran Prodi Apa Lagi?

ITB merupakan sekolah tinggi teknik pertama di Indonesia yang didirikan pada tahun 1959, menempati ranking ketiga sebagai universitas terbaik di Indonesia versi QS Ranking. Dengan keunggulan-keunggulan tersebut, ITB menjadi pilihan tepat bagi calon mahasiswa yang ingin berkarier di bidang desain komunikasi visual.

2. Institut Seni Indonesia Yogyakarta (ISI Yogya)


DKV ISI Yogyakarta, program studi terakreditasi A dari BANPT sejak tahun 2011, menawarkan berbagai keunggulan yang tidak dimiliki oleh DKV di perguruan tinggi lain. Jurusan DKV yang ditawarkan oleh ISI Yogyakarta juga telah menghasilkan banyak karya besar bersakala nasional maupun internasional.

Secara historis, program studi ini telah berdiri sejak tahun 1950 dibawah naungan akademi seni rupa tertua di Indonesia, yaitu ASRI Yogyakarta. Pendirian program studi ini juga dirintis oleh para seniman-seniman cerdas. Lingkungan kampus yang berkaitan erat dengan seni, serta atmosfer kota Yogyakarta yang kental dengan budaya, menjadi daya tarik tersendiri bagi mahasiswa DKV ISI Yogyakarta.

3. Institut Seni Indonesia Denpasar (ISI Denpasar)


Rekomendasi universitas negeri selanjutnya adalah Institut Seni Indonesia Denpasar. Program stusi ini telah resmi berdiri sejak tahun 2010 dan memiliki akreditasi yang sangat baik.

Baca juga: Camaba Merapat, Ini Tips Memilih Jurusan yang Tepat dari Psikolog Pendidikan Unair

Jurusan DKV di ISI Denpasar berada di bawah naungan Fakultas Seni Rupa dan Desain, yang memiliki fokus pada seni budaya yang berbasis pada kearifan lokal serta berwawasan universal. Selain kualitas pendidikannya yang terjamin, ISI Denpasar juga memiliki keunggulan lain daripada universitas lain, yaitu fokusnya yang menjunjung tinggi kesenian.

4. Universitas Negeri Malang (UM)


Di posisi keempat terdapat Universitas Negeri Malang (UM). Universitas yang terletak di Malang ini menjadi salah satu dari sedikitnya universitas negeri yang menawarkan jurusan DKV dengan akreditasi A. Di universitas ini, jurusan DKV memiliki nama Desain Komunikasi Visual Jurusan Seni dan Desain yang berada dibawah naungan Fakultas Sastra. Program studi ini juga dilengkapi dengan beragam fasilitas yang menunjang pembelajaran.

5. Universitas Negeri Padang (UNP)


Di Universitas Negeri Padang (UNP), keunggulan yang dimiliki adalah lulusannya yang profesional, mandiri, dan berkualitas tinggi untuk memasuki dunia kerja industri kreatif hingga menciptakan lapangan kerja.

Lulusannya bisa menjadi embaga non-pemerintahan, perusahaan swasta, perusahaan start-up yang bergerak dibidang industri kreatif ataupun lembaga pemerintahan dan BUMN yang membutuhkan tenaga ahli desain seperti perancang, konseptor dan manajer desain komunikasi visual; wirausaha dan freelancer desain komunikasi visual.

Itulah 5 universitas negeri dengan jurusan DKV akreditasi A yang dapat menjadi pilihan tepat bagi calon mahasiswa yang ingin berkarier di bidang desain komunikasi visual. Dengan kurikulum yang komprehensif, dosen yang kompeten, dan fasilitas yang memadai, 5 universitas ini akan membekali kamu dengan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan.

MG/Dinda Amelia Putri
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1591 seconds (0.1#10.140)