10 Jurusan Sepi Peminat di Unair Tapi Peluang Kariernya Menjanjikan

Jum'at, 26 Januari 2024 - 13:27 WIB
loading...
10 Jurusan Sepi Peminat di Unair Tapi Peluang Kariernya Menjanjikan
Berikut adalah 10 jurusan sepi peminat di Universitas Airlangga (Unair) namun memiliki prospek kerja yang menjanjikan. Foto/Youtube Unair.
A A A
JAKARTA - Berikut adalah 10 jurusan sepi peminat di Universitas Airlangga ( Unair ) namun memiliki prospek kerja yang menjanjikan. Berikut ini daftar jurusannya.

Seleksi penerimaan mahasiswa baru 2024 baik jalur nasional dan mandiri akan segera berlangsung. Tidak sedikit siswa putih abu-abu yang kebingungan memilih jurusan. Terlebih, mereka harus mempertimbangkan banyak hal, mulai dari minat, bakat, prospek karier, hingga tingkat keketatan universitas.

Universitas Airlangga (Unair) sebagai salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia yang saat ini dipimpin Rektor Prof M Nasih selalu menjadi incaran mahasiswa baru.

Baca juga: 20 Jurusan dengan Daya Tampung Paling Besar Unair di SNBP dan SNBT 2024

Universitas negeri yang berlokasi di Surabaya ini memiliki puluhan jurusan, mulai dari yang ramai hingga sepi peminat. Namun, jangan salah. Meski sepi peminat, tetapi nyatanya jurusan-jurusan di Unair ini juga punya peluang karier menjanjikan, lho. Penasaran jurusan apa saja?. Urutan jurusan disusun secara alpabetis, dikutip dari laman resmi Unair, Jumat (26/1/2024).

10 Jurusan Sepi Peminat di Unair dengan Prospek Karier Menjanjikan

1. Akuakultur


Jurusan Akuakultur termasuk jurusan yang sepi peminat tetapi memiliki prospek karier gemilang. Jurusan yang berfokus pada kesehatan ikan dan lingkungan ini bahkan telah mendapatkan akreditasi nasional dan internasional.

Aluakultur ini juga memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengikuti berbagai program seperti Magang Merdeka Kampus Merdeka (MBKM) hingga kolaborasi riset internasional.

Tidak hanya mentereng soal prestasi, tetapi Akuakultur Unair ini juga telah menghasilkan alumnus dengan karier membanggakan. Sebab, prospek karir jurusan akuakultur ini memang sangat luas, mulai dari pegawai instansi negara, swasta, hingga wirausaha.

2. Akuakultur (FIKKIA)


Selain di Surabaya, Unair juga memiliki jurusan Akuakultur di FIKKIA Banyuwangi. Lokasinya yang berdekatan dengan wilayah perairan menjadi keunggulan tersendiri sebab bisa menunjang sistem pembelajaran di alam secara langsung.

Terkait dengan prospek karier, akuakultur FIKKIA telah berhasil mencetak alumnus yang sukses bekerja di berbagai sektor, seperti Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) pusat, hingga pemerintah daerah provinsi.

3. Bahasa dan Sastra Inggris


Salah satu jurusan menjanjikan lainnya yang tak banyak diketahui khalayak adalah Bahasa dan Sastra Inggris (Sasing) yang sudah mendapat pengakuan unggul secara nasional maupun internasional.

Selain itu, Sasing Unair juga menjadi salah satu jurusan yang tidak pernah absen mengirimkan mahasiswanya pada program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA).

Baca juga: 10 Jurusan Kuliah Termurah Unair, Patokan SNBP SNBT 2024

Lalu, bagaimana dengan lulusannya? Lulusan Sasing Unair telah bekerja di berbagai sektor, seperti Kementerian Luar Negeri (Kemlu). Selain itu, lulusan Sasing juga banyak yang bekerja di bidang industri kreatif seperti copywriting, social media specialist, dan content writer. Menarik, bukan?

4. Ekonomi Islam


Jurusan sepi peminat terakhir di Unair yaitu Ekonomi Islam (Ekis). Jurusan ini mempelajari ekonomi dan bisnis berdasarkan prinsip Islam. Hal ini menjadi poin tambahan, mengingat jumlah masyarakat muslim sangat besar di dunia.
Ekis tidak pernah absen menjadi langganan peserta MBKM.

Sebagian besar dari mereka memilih melakukan magang di berbagai tempat. Mulai Microsoft hingga Bank Syariah dan perusahaan multinasional lainnya. Berbekal pengalaman ini, tentu saja mahasiswa EKIS nantinya akan berpeluang memiliki karier cemerlang di masa depan.

5. Fisika


Jurusan Fisika di Unair bukan berbasis teknik melainkan Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Unair ini berbasis ilmu kesehatan. Meskipun bukan termasuk ilmu teknik, tetapi Fisika Unair berhasil menduduki posisi terbaik keempat di Indonesia dan telah terakreditasi unggul.

Tercatat, para lulusan Fisika Unair ini ada yang bekerja sebagai banker, human resource development (HRD), customer service, fisika medis, hingga pengolahan data serta cyber perusahaan.

6. Ilmu dan Informasi Perpustakaan


Jurusan Ilmu dan Informasi Perpustakaan (IIP) Unair menjadi satu-satunya jurusan di Indonesia yang menyatukan dua disiplin ilmu, yaitu Ilmu Perpustakaan dan Ilmu Informasi.

Baca juga: Biaya Kuliah Kedokteran Unair Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri 2024 Semua Jurusan

Lalu, apakah lulusan IIP hanya akan bekerja di perpustakaan? Tentu tidak! Peluang karier dari jurusan IIP sangatlah luas. Selain bekerja di perpustakaan, tidak sedikit pula lulusan yang bekerja di bidang informasi dan teknologi. Sebab, mereka yang mengambil jurusan IIP juga dibekali kemampuan data analysis dan software coding.

7. Kesehatan Masyarakat (FIKKIA Banyuwangi)


Selain di Surabaya, Unair juga memiliki fakultas di Banyuwangi yang bernama FIKKIA. Kesehatan Masyarakat menjadi salah satu jurusan di FIKKIA. Jurusan Kesehatan Masyarakat FIKKIA Unair memiliki prospek kerja menjanjikan.

Sebelum lulus, mahasiswa mengikuti praktik kerja lapangan sehingga dapat mengaplikasikan ilmu secara langsung kepada masyarakat. Berbekal pengalaman dan ilmu, lulusan Kesehatan Masyarakat FIKKIA Unair sukses dalam berkarier di berbagai bidang. Sebagian besar mereka bekerja pada instansi pemerintah maupun swasta yang menyebar di seluruh Indonesia.

8. Sosiologi


Jurusan yang cocok untuk penyuka interaksi sosial ini Unair memiliki segudang prestasi dan keunggulan. Misalnya, Sosiologi Unair berada di peringkat ketiga nasional dan telah terakreditasi internasional.

Tak cuma mentereng soal prestasi dan akreditasi, jurusan kebanggan Unair ini juga memiliki prospek kerja menjanjikan, seperti menjadi sosiolog profesional, dosen, guru, manajer perusahaan, konsultan publik, peneliti sosial, jurnalis, tenaga ahli pemerintahan, pengusaha, hingga aktivis partai politik.

9. Studi Kejepangan


Penyuka pop culture Jepang pasti akan suka dengan jurusan ini karena kalian akan mendapat banyak pengalaman jika menjadi mahasiswanya. Pasalnya, Studi Kejepangan juga kerap melakukan kerja sama langsung dengan instansi dari Jepang, mulai dari riset hingga magang kerja.

Dengan banyaknya kerja sama dengan pihak luar, maka prospek kerja dari studi kejepangan ini juga terbilang luas. Apalagi, studi kejepangan memiliki networking luas melalui berbagai asosiasi seperti Asosiasi Pendidikan Bahasa Jepang, Asosiasi Kesusastraan Jepang-Indonesia, hingga Asosiasi Studi Jepang-Indonesia.

10. Teknologi Hasil Perikanan


Teknologi Hasil Perikanan (THP) berfokus pada pengolahan hasil perikanan, pangan fungsional, keamanan pangan, dan hilirisasi industri. Meski baru berdiri pada 2014 lalu, tetapi jurusan ini telah banyak menorehkan prestasi, lho. Tahun ini, THP akan mengikuti akreditasi internasional Accreditation in Engineering Computer Sciences Natural Sciences Mathematic.

THP FPK Unair ini telah melahirkan lulusan yang berkiprah di berbagai sektor. Mulai dari instansi swasta, pemerintah, akademisi, dosen, peneliti, hingga entrepreneur. Menjanjikan, bukan?

Demikian 10 jurusan kuliah sepi peminat di Unair namun memiliki peluang karier yang menjanjikan. Semoga informasi ini bermanfaat ya.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1804 seconds (0.1#10.140)