10 Contoh Pertanyaan Debat Calon Ketua Himpunan Mahasiswa, Bisa Jadi Referensi

Jum'at, 26 Januari 2024 - 15:11 WIB
loading...
10 Contoh Pertanyaan...
Ini deretan contoh pertanyaan debat calon ketua himpunan mahasiswa yang bisa menjadi referensi saat adu debat. Foto/FTI UAD.
A A A
JAKARTA - Ini deretan contoh pertanyaan debat calon ketua himpunan mahasiswa . Kalian bisa menjadikannya sebagai referensi untuk digunakan pada saat debat berlangsung.

Tak hanya bagi calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres), agenda debat terbuka juga bisa digunakan untuk mengukur kemampuan calon ketua himpunan atau organisasi. Dalam hal ini, ada beberapa pertanyaan yang bisa disampaikan dengan melihat tema atau konsep sesuai ketentuan.

Pada lingkup kampus, biasanya diadakan acara seperti debat terbuka untuk para calon ketua himpunan mahasiswa. Dibawakan seorang moderator, masing-masing bisa mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang relevan tanpa menyerang pribadi salah satu calon.

Baca juga: JK Sebut Panggung Debat Memperlihatkan Sifat Asli Capres-Cawapres

Berikut ini sepuluh contoh pertanyaan debat calon ketua himpunan yang bisa dijadikan referensi.

Contoh Pertanyaan Debat Calon Ketua Himpunan Mahasiswa

1. Hal seperti apa yang ingin Anda lakukan dengan menjadi Ketua Himpunan Mahasiswa?


Pertanyaan dasar ini sebenarnya mirip dengan visi dan misi. Sedikit bedanya, para calon ketua himpunan mahasiswa setidaknya bisa meringkas paparan visi dan misinya menjadi sebuah ungkapan yang enak didengar dan mudah dipahami.

2. Apa artinya menjadi seorang ketua dan pemimpin?


Sekilas, pertanyaan ini mungkin terlihat untuk mengetahui arti teoritis kata ‘pemimpin’ atau ‘ketua’. Namun, jawaban yang diinginkan tidak selalu demikian.

Baca juga: Saat Debat Sebut Pertanyaan Gibran Receh, Mahfud MD: Secara Akademi untuk Anak SD Kelas 3

Beberapa orang ingin mengetahui sudut pandang calon ketika nantinya terpilih sebagai pemimpin atau ketua himpunan.

3. Jika ada anggota Anda yang merusak nama himpunan, langkah seperti apa yang akan diambil?


Pertanyaan semacam ini digunakan untuk mengukur ketegasan dan langkah penyelesaian masalah dari calon. Dengan mempertimbangkan banyak hal, mereka harus menjawabnya dengan penuh keyakinan dan cermat.

4. Bagaimana cara Anda mengatur waktu antara mengikuti pembelajaran, organisasi, dan kehidupan di luar itu?


Skala prioritas seseorang juga bisa berbeda. Ketika menawarkan diri untuk maju sebagai calon pemimpin, sejatinya mereka harus siap memberikan komitmen untuk himpunan atau organisasi terkait. Maka dari itu, penjabaran cara mengatur waktu ini menjadi penting untuk disimak.

5, Apa yang Anda lakukan untuk mengatasi konflik internal dalam himpunan yang bisa saja muncul sewaktu-waktu?


Ketua himpunan mahasiswa akan punya tanggung jawab tersendiri bagi para anggotanya. Maka dari itu, mereka harus bisa memastikan langkah-langkah nyata ketika mendapati kondisi internal himpunan yang tengah terjadi konflik.

6. Apabila tidak terpilih sebagai Ketua Himpunan Mahasiswa, apa yang akan Anda lakukan?


Sebagaimana kontestasi lain, ada pihak yang menang dan kalah. Pertanyaan ini berfungsi untuk mengetahui pendapat calon apabila nantinya kalah dalam pemilihan.

7. Perubahan seperti apa yang bakal Anda bawa ketika nantinya menjadi Ketua Himpunan Mahasiswa?


Pada setiap calon, biasanya mereka menawarkan program-program yang disebutnya sebagai perubahan. Asalkan tidak melanggar tidak aturan dan dapat dipertanggungjawabkan bagi kemajuan organisasi, segala bentuk perubahan ini seharusnya bisa diterima.

8. Bagaimana cara Anda menghadapi tantangan yang mungkin muncul saat berperan sebagai Ketua Himpunan Mahasiswa?


Pertanyaan ini bisa menilai tingkat kesiapan calon ketua ketika nantinya dihadapkan berbagai masalah. Seorang ketua yang baik wajib memberikan ketegasan dalam usahanya menyelesaikan tantangan-tantangan tersebut.

9. Tolak ukur seperti apa yang Anda gunakan untuk mengevaluasi keberhasilan dari program-program himpunan?


Standar keberhasilan masing-masing orang tentu berbeda. Maka dari itu, perlu ditanyakan terkait tolak ukur seperti apa yang bakal dijadikan patokan untuk mengevaluasi program-program kerja himpunan nantinya.

10. Jika ada program yang tidak berjalan, apa bentuk tanggung jawab yang Anda lakukan sebagai Ketua Himpunan Mahasiswa?


Fungsi pertanyaan ini adalah mengukur tingkat ketegasan calon Ketua Himpunan Mahasiswa. Dari jawaban yang diberikan, nantinya Anda bisa mengukur tingkat komitmen dan tanggung jawab dari calon tersebut.

Demikianlah ulasan mengenai deretan contoh pertanyaan debat calon ketua himpunan yang bisa digunakan. Semoga bermanfaat.
(nnz)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1945 seconds (0.1#10.140)