Pemerintah Targetkan Perkuliahan UIII Dimulai September 2021

Rabu, 12 Agustus 2020 - 12:15 WIB
loading...
Pemerintah Targetkan Perkuliahan UIII Dimulai September 2021
Wakil Presiden, KH Maruf Amin. Foto/Twitter Maruf Amin
A A A
JAKARTA - Pemerintah memastikan aktivitas perkuliahan di Universitas Internasional Islam Indonesia (UIII) bisa dimulai pada September tahun 2021.

Hal itu terungkap saat Rapat Koordinasi dan Audiensi Penyelesaian Pembangunan UIII yang dipimpin Wakil Presiden Ma'ruf Amin pada Senin 10 Agustus 2020.

Turut mendampingi Wapres dalam audiensi yang digelar secara video conference itu Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi, Rektor UIII Komaruddin Hidayat, Dirjen Pendidikan Islam Muhammad Ali Ramdhani dan mantan Dirjen Pendis Kamaruddin Amin.

Rapat juga diikuti Menteri Keuangan, Menteri PUPR, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, kementerian/lembaga terkait serta jajaran Rektorat UIII.Dalam arahannya Wapres berharap aktivitas perkulihan di kampus yang menjadi ikon pengembangan Islam Moderat di dunia itu dapat dimulai pada September 2021.

"Kita pastikan pada September 2021 aktivitas perkuliahan di UIII sudah berjalan. Saya harapkan segala kendala dapat dicari segera solusinya seperti pembebasan lahan dan penyelesaian tower TVRI," kata Ma'ruf Amin seperti dikutip dari situs kemenag.go.id.

( )

Sementara itu, Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi dalam paparannya menjelaska progres pembangunan kampus UIII saat ini dalam proses penyelesaian diantaranya pembebasan lahan, tower TVRI termasuk pembangunan sejumlah gedung.

Untuk persiapan prasarana fisik, kata dia, pada Agustus 2020 sejumlah sarana fisik akan serah terima dari pihak pengembang diantaranya Gedung Asrama Putra, Prof/Lect Housing dan infrastruktur dan pagar keliling kawasan.

"Sementara untuk gedung Fakultas A akan serah terima pada Desember 2020. Sisanya pembangunan gedung perpustakaan, masjid universitas, gedung asrama putri, gedung rektorat, plaza tiga pilar dan land form kawasan fakultas akan serah terima atau selesai pengerjaannya pada tahun 2021," tutur Wamenag.

Pembangunan kampus UIII dilakukan secara bertahap. Tahap pertama 2018-2020, tahap kedua 2020-2021, dan tahap ketiga 2022-2024. Pada tahap pertama ada lima paket pekerjaan. Tiga paket pekerjaan ditangani oleh Kemenag dan dua paket pekerjaan ditangani oleh Kementerian PUPR.

Pembangunan UIII merupakan proyek strategis nasional berdasarkan Perpres Nomor 56 Tahun 2018. Kemenag ingin pendidikan tinggi Islam di Indonesia dikenal secara internasional melalui UIII.
(dam)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1950 seconds (0.1#10.140)