Begini Cara Membuat Akun SPAN PTKIN 2024, Tahapan Wajib Calon Mahasiswa UIN

Senin, 29 Januari 2024 - 07:56 WIB
loading...
Begini Cara Membuat Akun SPAN PTKIN 2024, Tahapan Wajib Calon Mahasiswa UIN
Sebelum melakukan pendaftaran, siswa harus tahu cara membuat akun SPAN PTKIN 2024. Pembuatan akun SPAN PTKIN ini dilakukan oleh sekolah dan siswa sebelum masa pendaftaran dibuka. Foto ilustrasi/Ist
A A A
JAKARTA - Begini cara membuat akun SPAN PTKIN 2024 yang perlu diketahui. SPAN PTKIN 2024 atau Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) merupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara nasional oleh seluruh perguruan tinggi dalam satu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak oleh Panitia Pelaksana yang ditetapkan oleh Menteri Agama Republik Indonesia.

Sebelum melakukan pendaftaran, siswa harus tahu cara membuat akun SPAN PTKIN 2024. Pembuatan akun SPAN PTKIN ini dilakukan oleh sekolah dan siswa sebelum masa pendaftaran dibuka. Artikel kali ini akan secara khusus membahas tuntas tata cara pembuatan akun SPAN PTKIN 2024, simak ya penjelasnnya di bawah ini!

Cara Membuat Akun SPAN PTKIN 2024


Calon mahasiswa bisa memilih 59 perguruan tinggi di seluruh Indonesia dalam pelaksanaan SPAN PTKIN 2024 kali ini. Berikut cara membuat akun SPAN PTKIN 2024 yang perlu dilakukan sekolah dan siswa.

1. Bagi Sekolah


Sekolah menginput Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) Cek data Sekolah, kemudian input data berikut: Email sekolah Email Kepala Sekolah Nomor WhatsApp Kepala Sekolah Validasi akun akan dikirimkan ke email sekolah dan Kepala Sekolah Login ke laman pdss.ptkin.ac.id Cek data siswa kelas 12 kemudian input nilai siswa serta Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)

2. Bagi Siswa


a. Registrasi menggunakan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasional, Tanggal Lahirdan email aktif siswa.

b.Isikan NISN (harus sesuai), NPSN (harus sesuai), Tanggal Lahir (harus sesuai dengan format yyyy-mm-dd) dan Email, kemudian pilih "Daftar"

c. Buka email dari SPAN-PTKIN untuk melihat password

d. Validasi akan dikirim ke email siswa

e. Login ke laman siswa.ptkin.ac.id. Isikan NISN dan Password yang diperoleh dari email, kemudian pilih "Login".

f Mengisi Biodata. Setelah Login berhasil maka Siswa akan diarahkan pada laman Biodata.

g. Cek kembali NISN, Nama, Sekolah, dan Jurusan.

Jika ada kesalahan silahkan hubungi operator satuan pendidikan/sekolah untuk perbaikan data pada Dapodik/Emis. Data akan tersinkron dengan sistem SPAN PTKIN dalam jangka waktu 1x24 Jam setelah pengajuan perbaikan ke Dapodik/Emis. Setelah data tersebut sesuai, siswa dapat melanjutkan pengisian biodata siswa.


Unggah Foto


Pada bagian ini ada 3 langkah yang wajib dipenuhi, yaitu:
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1568 seconds (0.1#10.140)