10 Kriteria Lulusan yang Jadi Prioritas Seleksi CPNS 2024, Kesehatan, Pendidikan, hingga Psikologi

Rabu, 31 Januari 2024 - 11:49 WIB
loading...
10 Kriteria Lulusan yang Jadi Prioritas Seleksi CPNS 2024, Kesehatan, Pendidikan, hingga Psikologi
Pemerintah telah mengumumkan ada sebanyak 2,3 juta formasi yang disediakan pada seleksi CPNS 2024. Di seleksi CPNS 2024, pemerintah juga akan memprioritaskan formasi khusus bagi para fresh graduate.Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini 10 kriteria lulusan yang jadi prioritas di seleksi CPNS 2024. Pemerintah telah mengumumkan ada sebanyak 2,3 juta formasi yang disediakan pada seleksi CPNS 2024. Di seleksi CPNS 2024 ini pemerintah juga akan memprioritaskan formasi khusus bagi para fresh graduate.

Lalu, kriteria lulusan apa saja yang jadi prioritas di seleksi CPNS 2024 ini? Mengutip akun instagram @asn_eksam, artikel kali ini akan membahasnya, simak uraian di bawah ini ya!

10 Kriteria Lulusan yang Jadi Prioritas di Seleksi CPNS 2024


1. Lulusan Jurusan Ilmu Kearsipan


Dalam seleksi CPNS, jurusan bidang Sosial dan Humaniora atau Soshum memiliki 599 posisi yang mana lulusan dari jurusan Ilmu Kearsipan dibutuhkan untuk mengisi posisi sebagai arsiparis.

2. Lulusan Jurusan Pendidikan


Profesi tenaga guru juga menjadi prioritas dalam PPPK tahun 2024 ini lantaran kebutuhan akan tenaga pendidik selalu meningkat setiap tahunnya.Sehingga sudah pasti lulusan dari Jurusan Pendidikan akan jadi prioritas di seleksi CPNS atau PPPK tahun 2024 ini.

3. Lulusan Jurusan Kesehatan


Berikutnya, lulusan yang juga menjadi prioritas di seleksi CPNS tahun 2024 adalah dari Jurusan Kesehatan. Jurusan Kesehatan selalu dibutuhkan dalam rekrutmen CPNS untuk mengisi posisi Administrator Kesehatan Ahli Pertama, dokter, perawat, dan juga bidan.

4. Lulusan Jurusan Hukum


Sektor hukum juga selalu membutuhkan tenaga ahli setiap tahunnya, sehingga lulusan dari jurusan ini juga menjadi prioritas di CPNS 2024. Misalnya saja seperti formasi Kejaksaan Agung atau Analis Rancangan Naskah Perjanjian.

Lalu untuk Kementerian yang menyediakan porsi banyak untuk Jurusan Hukum seperti Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).


5. Lulusan Jurusan Manajemen


Lulusan dari jurusan kuliah Manajemen juga memiliki banyak peluang di sektor pemerintahan, contohnya di posisi perencanaan dan penata kanselerai.

6. Lulusan Jurusan Bahasa Inggris


Di tahun ini lulusan jurusan Bahasa Inggris dibutuhkan sebanyak 344 posisi sehingga pastinya juga menjadi prioritas di seleksi CPNS 2024.

7. Lulusan Jurusan Teknik Informatika


Tahun lalu ada sebanyak 5.154 formasi CPNS dari seluruh pemerintahan daerah hingga kementerian untuk jurusan ini. Banyak posisi yang bisa dilamar oleh lulusan dari jurusan ini seperti Ahli Pertama Pranata Komputer, Pengadaan Jasa dan Barang yang Dicari.

8. Lulusan Jurusan Teknik


Lulusan dari jurusan kuliah teknik juga banyak dibutuhkan untuk mengisi formasi PNS di pemerintahan, misalnya posisi di Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). Kemudian di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) serta Pemda juga banyak yang membutuhkan lulusan ini.

9. Lulusan Jurusan Administrasi


Tenaga Ahli dari lulusan jurusan administrasi juga banyak dicari pada saat seleksi CPNS, ada 661 posisi yang dibutuhkan, salah satunya analis kebijakan.

10. Lulusan Jurusan Psikologi


Di sektor pemerintahan tenaga ahli dari jurusan ini memiliki prospek karier yang sangat beragam. Di antaranya adalah formasi Asesor Sumber Daya Manusia, Aparatur dan Analis Pengembangan Kompetensi.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1538 seconds (0.1#10.140)