Tahap Awal Terima 50 Mahasiswa Baru, Prodi Kedokteran Unair Banyuwangi Buka pada 2024

Kamis, 01 Februari 2024 - 06:44 WIB
loading...
Tahap Awal Terima 50 Mahasiswa Baru, Prodi Kedokteran Unair Banyuwangi Buka pada 2024
Program Studi Kedokteran, Fakultas Ilmu Kesehatan, Kedokteran, dan Ilmu Alam Universitas Airlangga (FIKKIA Unair) yang berlokasi di Banyuwangi direncanakan buka pada 2024. Foto/laman Unair
A A A
SURABAYA - Kabar baik bagi kamu yang berniat kuliah di kedokteran . Program Studi Kedokteran, Fakultas Ilmu Kesehatan, Kedokteran, dan Ilmu Alam Universitas Airlangga (FIKKIA Unair) direncanakan buka pada 2024.

Rencana ini sekaligus diumumkan dengan adanya beasiswa yang dibuka. Pada akhir Desember 2023 lalu, prodi di Kampus Mojo Unair, Banyuwangi, Jawa Timur ini menjalani asesmen lapangan Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes) untuk meraih akreditasi minimum dan izin operasional prodi.

Rencana pembukaan prodi Kedokteran di Kampus Mojo Unair Banyuwangi menjadikan Unair punya dua prodi kedokteran. Prodi kedokteran baru ini rencananya akan menyediakan beasiswa untuk calon mahasiswa baru dan dapat dilamar lewat seleksi nasional.Untuk info lebih lengkap mengenai prodi kedoktera Unair di Banyuwangi, artikel kali ini akan membahasnya, simak ya!

Prodi Kedokteran Baru Unair di Banyuwangi


Menurut laman resmi Unair, prodi Kedokteran FIKKIA Unair merupakan prodi kedokteran kedua Unair setelah Prodi Kedokteran, Fakultas Kedokteran (FK) Unair. Prodi S1 Kedokteran FK Unair berlokasi di Kota Surabaya, Jatim, sementara Prodi S1 Kedokteran FIKKIA Unair berlokasi di Kota Banyuwangi, Jatim.

Prodi Kedokteran FIKKIA Unair disiapkan dengan keunggulan travel medicine. Pendidikan di prodi ini didukung RS Pendidikan Blambangan sebagai RS pendidikan utama, RSUD Genteng sebagai jejaring, dan dukungan wahana puskesmas untuk mengasah pengalaman klinik bagi mahasiswa.



Prodi Kedokteran FIKKIA Banyuwangi diharapkan memiliki standar yang lebih baru dan modern. Di tahap awal, FIKKIA disebut akan menerima 50 mahasiswa baru.

FIKKIA berawal dari Program Studi di Luar Domisili Unair pada 2014, kemudian berubah menjadi Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU) Unair mulai 2017. Pada 2022, prodi ini berubah menjadi Sekolah Ilmu Kesehatan dan Ilmu Alam (SIKIA). Di 2023, SIKIA menjadi FIKKIA.

Status baru FIKKIA Unair yang berawal dari prodi dan kini menjadi fakultas memungkinkan kampus ini membuka prodi baru. Rencananya, FIKKIA Unair akan membuka prodi serumpun ilmu kesehatan, kedokteran, dan ilmu alam, yakni Kedokteran, Keperawatan, dan Kebidanan.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2568 seconds (0.1#10.140)