Prospek Kerja Lulusan Jurusan Asuransi Jiwa, Manajer Investasi hingga Ahli Aktuaria

Kamis, 01 Februari 2024 - 11:54 WIB
loading...
Prospek Kerja Lulusan Jurusan Asuransi Jiwa, Manajer Investasi hingga Ahli Aktuaria
Salah satu peluang karier jurusan asuransi jiwa adalah profesi manajer investasi yang memiliki tugas utama mengelola investasi perusahaan asuransi jiwa.Foto ilustrasi/Ist
A A A
JAKARTA - Ini deretan peluang kerja lulusan jurusan asuransi jiwa yang perlu diketahui. Di tengah beragam jurusan kuliah di bidang ekonomi, saat ini ada satu jurusan yang lulusannya diklaim memiliki peluang kerja bagus. Jurusan tersebut adalah jurusan asuransi jiwa.

Jurusan Asuransi Jiwa akan mempelajari tentang pengetahuan teori dan praktik tentang Manajemen Risiko, Underwriting, Aktuaria, produk-produk Asuransi Jiwa, Penanganan Klaim, dan materi-materi yang berkenaan dengan Manajemen Asuransi Jiwa.

Lalu lulusan jurusan ini bisa bekerja di mana? Jurusan Asuransi Jiwa menawarkan prospek kerja yang menjanjikan bagi lulusannya antara lain di sektor asuransi, keuangan, dan bisnis.Untuk lebih jelasnya, artikel kali ini akan membahas deretan peluang kerja menjanjikan lulusan jurusan asuransi jiwa, simak penjelasannya ya!

Peluang Kerja Menjanjika Lulusan Jurusan Asuransi Jiwa


Dilansir dari laman STMA Trisakti, Sabtu (14/10/2023) berikut ini adalah 5 prospek kerja bagi lulusan Jurusan Asuransi Jiwa:


1. Ahli Aktuaria


Prospek kerja jurusan Asuransi Jiwa yang pertama adalah menjadi seorang ahli aktuaria. Lulusan jurusan Asuransi Jiwa memiliki kemampuan analisis risiko dan keuangan yang tinggi. Sehingga dapat bekerja sebagai ahli aktuaria di perusahaan asuransi jiwa.

2. Manajer Klaim


Lulusan Jurusan Asuransi Jiwa juga dapat bekerja sebagai manajer klaim di perusahaan asuransi jiwa. Tugas utama dari manajer klaim adalah memproses klaim yang diajukan oleh nasabah dan memastikan bahwa klaim tersebut memenuhi syarat dan ketentuan.

3. Marketing Asuransi Jiwa


Lulusan Jurusan Asuransi Jiwa juga dapat bekerja sebagai marketing asuransi jiwa. Tugas utama dari marketing asuransi jiwa adalah memasarkan produk asuransi jiwa kepada masyarakat


4. Manajer Investasi


Lulusan Jurusan Asuransi Jiwa memiliki kemampuan analisis keuangan yang tinggi. Sehingga dapat bekerja sebagai manajer investasi di perusahaan asuransi jiwa. Tugas utama dari manajer investasi adalah mengelola investasi yang dilakukan oleh perusahaan asuransi jiwa.

5.Konsultan Keuangan


Lulusan Jurusan Asuransi Jiwa juga dapat bekerja sebagai konsultan keuangan, baik di perusahaan asuransi jiwa maupun di perusahaan keuangan lainnya. Tugas utama dari konsultan keuangan adalah memberikan saran dan rekomendasi mengenai investasi, asuransi, dan perencanaan keuangan.

Apa Itu Asuransi Jiwa ?


Program pendidikan tinggi yang fokus pada aspek-aspek teknis dan manajerial dalam industri asuransi jiwa.
Industri asuransi jiwa berkaitan dengan perlindungan finansial yang diberikan oleh perusahaan asuransi kepada pemegang polis atau keluarganya dalam hal kematian atau kejadian tertentu lainnya.

Alasan Kenapa Jurusan Asuransi Jiwa Sangat Strategis


1. Minat dalam Keuangan dan Asuransi


Akan sangat menyengkan bagi kamu yang memiliki minat dalam bidang keuangan, investasi, dan manajemen risiko, jurusan Asuransi Jiwa memberikan landasan yang kuat

2. Memberikan Perlindungan Keuangan


Asuransi jiwa berfokus pada melindungi keuangan individu dan keluarga mereka dalam kejadian kematian atau kejadian lainnya. Jika kamu ingin membantu orang lain merencanakan masa depan keuangan mereka, jurusan ini bisa cocok untuk kamu.

3. Stabilitas Karier dan Permintaan Tinggi


Industri asuransi memiliki kebutuhan konstan untuk profesional yang terlatih untuk mengelola produk dan layanan asuransi jiwa.

4. Potensi Penghasilan yang Menarik


Beberapa peran di industri asuransi jiwa, terutama sebagai agen atau broker, memiliki potensi untuk memperoleh kompensasi yang menarik tergantung pada kinerja dan portofolio klien.

5. Pengembangan Hubungan Pelanggan


Bekerja di industri asuransi jiwa melibatkan berinteraksi dengan berbagai tipe orang dan membangun hubungan jangka panjang.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1407 seconds (0.1#10.140)