5 Universitas dengan Perpustakaan Terbaik di Indonesia Versi Kemendikbudristek, Mana Saja?

Jum'at, 02 Februari 2024 - 07:30 WIB
loading...
5 Universitas dengan Perpustakaan Terbaik di Indonesia Versi Kemendikbudristek, Mana Saja?
Universitas Indonesia (UI) menjadi perguruan tinggi yang memiliki perpustakaan terbaik di Indonesia menurut Kemendikbudristek. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini 5 universitas dengan perpustakaan terbaik di Indonesia versi Kemendikbudristek . Banyak kampus atau universitas di Indonesia yang dilengkapi dengan fasilitas perpustakaan maju dan megah.

Hal ini karena perpustakaan dianggap sebagai pilar penting dalam usaha untuk membentuk generasi yang melek akan literasi dan ilmu pengetahuan. Lalu universitas mana yang memiliki perpustakaan paling bagus? Untuk menjawabnya, artikel kali ini akan membahasnya, simak ya!

5 Universitas dengan Perpustakaan Terbaik di Indonesia Versi Kemendikbudristek


1. Universitas Indonesia (UI)


Kampus pertama yang memiliki fasilitas perpustakaan terbaik di Indonesia yaitu Universitas Indonesia (UI). Perpustakaan di UI ini dikenal dengan sebutan "Kristal Pengetahuan" dan telah berhasil memperoleh Akreditasi A dari LAP-N RI.Selain itu, perpustakaan ini juga memiliki kumpulan buku yang komprehensif serta gedung yang mewah.Dilengkapi juga dengan fasilitas-fasilitas di perpustakaan yang meliputi gym, food court hingga toko buku.

2. Universitas Gadjah Mada (UGM)


Kampus kedua yang memiliki fasilitas perpustakaan terbaik yang ada di Indonesia yaitu Universitas Gadjah Mada (UGM). Sebagai universitas terkemuka di Indonesia, UGM memiliki perpustakaan yang terkenal megah dan memiliki koleksi yang komprehensif.
Bahkan, perpustakaan UGM dikenal karena menyimpan koleksi langka, termasuk koleksi Hatta dan bahan pustaka lainnya.


3. Universitas Pelita Harapan (UPH)


Kampus selanjutnya yang memiliki fasilitas perpustakaan terbaik yang ada di Indonesia yaitu Universitas Pelita Harapan (UPH).
Dijuluki sebagai "The Johannes Oentoro Library", perpustakaan ini telah terakreditasi A oleh Perpustakaan Nasional RI. Perpustakaan ini terdiri dari 3 lantai dan memiliki luas 5.400 meter persegi, serta kelengkapan sumber literatur. Bangunan yang lapang ini dirancang untuk memberikan ruang yang optimal bagi mahasiswa dan pengunjungnya dalam mengeksplorasi pengetahuan.

4. Institut Teknologi Bandung (ITB)


Salah satu kampus yang memiliki fasilitas perpustakaan terbaik di Indonesia yaitu Institut Teknologi Bandung (ITB). Memiliki bangunan yang menarik dan koleksi buku yang melimpah, perpustakaan ITB tidak hanya menawarkan tempat yang nyaman untuk pembelajaran, tetapi juga menciptakan lingkungan yang inspiratif bagi para pengunjungnya. Prestasi akreditasi A dari Perpustakaan Nasional RI menjadi bukti kualitas dan komitmen perpustakaan ini dalam menyediakan sumber daya pendidikan yang terbaik.

5. Universitas Andalas


Universitas Andalas menjadi salah satu kampus yang menyediakan fasilitas perpustakaan terbaik di Indonesia. Sebagai perpustakaan terbesar di Sumatera Barat, lembaga ini telah sukses memperoleh akreditasi A dari LAP-N RI. Selain menyajikan ruang yang luas dan kaya dengan beragam koleksi buku, perpustakaan ini juga menonjolkan Minangkabau Corner sebagai pusat studi informasi budaya Minangkabau.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1047 seconds (0.1#10.140)