3 Beasiswa Masuk Unair Jenjang D3-S1 2024, Ayo Lulusan SMA dan SMK Daftar!

Senin, 05 Februari 2024 - 09:00 WIB
loading...
3 Beasiswa Masuk Unair Jenjang D3-S1 2024, Ayo Lulusan SMA dan SMK Daftar!
Salah satu jenis beasiswa masuk Universitas Airlangga (Unair) yang bisa didaftari oleh SMA dan SMK adalah beasiswa dari pemerintah seperti KIP Kuliah. Foto/Ist
A A A
SURABAYA - Ini 3 jenis beasiswa masuk Unair Surabaya jenjang D3-S1 tahun 2024 yang terbuka untuk siswa SMA dan SMK. Kamu berniat mendaftar di Universitas Airlangga (Unair) tetaapi terbentur biaya?

Jangan khawatir, saat ini ada sejumlah beasiswa yang tersedia di Uanir untuk membantu biaya pendidikan. Beasiswa apa saja? Artikel kali ini akan mengulas setidaknya ada 3 jenis beasiswa di Unair yang terbuka untuk siswa SMA dan SMK, simak ya!

3 jenis Beasiswa Masuk Unair 2024


1. Beasiswa Pemerintah


Mengutip laman resmi Unair, ada beragam beasiswa yang bisa dimanfaatkan oleh calon mahasiswa Unair. Salah satunya adalah beasiswa dari pemerintah.

Beasiswa dari pemerintah itu antara lain beasiswa Unggulan dan KIP (Kartu Indonesia Pintar). KIP-Kuliah adalah salah satu beasiswa paling banyak menerima kuota mahasiswa baru.

Untuk mendapatkan beasiswa ini, calon mahasiswa hanya perlu mendaftarkan diri pada laman KIP-Kuliah dan memenuhi persyaratan lainnya seperti SKTM (Surat Keterangan Tidak Mampu).

Selain KIP-Kuliah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia juga memiliki beasiswa lainnya yakni Beasiswa Unggulan. Calon mahasiswa bisa mendaftarkan diri ketika sudah memulai perkuliahan atau maksimal sedang berada di semester tiga.

Tidak hanya dari pemerintah pusat, pemerintah daerah juga memberikan kesempatan pendidikan bagi calon mahasiswa. Beberapa beasiswa tersebut antara lain adalah beasiswa Pemuda Tangguh Pemerintah Kota Surabaya, beasiswa KJMU (Pemerintah Provinsi DKI Jakarta), dan Jabar Future Leadership Scholarship (JFLS).


2. Beasiswa Mitra


Siswa SMA, SMK juga bisa kuliah D3 sampai S1 di Unair dengan beasiswa mitra. Yaitu beasiswa yang dibuka oleh mitra yang bekerja sama dengan Unair.

Mitra tersebut antara lain berasal dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) maupun korporasi swasta. Beberapa beasiswa dari BUMN tersebut antara lain adalah BRI SMART, Beasiswa Bank Indonesia skema unggulan dan reguler, dan Beasiswa Bank Syariah Indonesia.

Sementara itu, dari korporasi dan lembaga swasta antara lain adalah Bakti BCA, Beasiswa Pertamina, Beasiswa VDMI, Djarum Bhakti Pendidikan, Beasiswa Baznas Nasional, dan Yayasan Karya Salemba Empat.

Untuk pendaftaran beasiswa-beasiswa tersebut, biasanya terlaksana minimal setelah dua semester perkuliahan. Sebab, beasiswa mitra memerlukan persyaratan khusus, misalnya prestasi, capaian nilai, hingga keaktifan organisasi. Terkait jalurnya, pembukaan beasiswa bisa langsung oleh mitra terkait maupun melalui Unair sebagai perantara.

3. Beasiswa Universitas Airlangga


Tidak cukup itu saja, Unair ternyata juga memiliki beasiswa sendiri. Di Unair ada beasiswa khusus bagi para penghafal kitab suci semua agama yang ingin melanjutkan pendidikan di Unair. Kemudian juga ada beasiswa untuk tahfidz Alqur’an.

Mereka yang hafal minimal lima juz akan bebas uang kuliah tunggal (UKT). Beasiswa ini juga berlaku bagi penghafal kitab suci dari agama lainnya. Beasiswa Unair tidak hanya berupa biaya pendidikan gratis.

Tersedia juga dalam bentuk keringanan Uang Kuliah Tunggal (UKT) bagi para mahasiswa pada setiap semester. Pemberian keringanan ini menjadi bentuk komitmen Unair dalam membantu mahasiswa agar tetap bisa belajar lancar

Bagi para calon mahasiswa baru Unair 2024 yang ingin mengetahui lebih jauh informasi seputar beasiswa di Unair bisa langsung mengakses laman kemahasiswaan Unair di https://kemahasiswaan.unair.ac.id/tentang-beasiswa/.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1063 seconds (0.1#10.140)