Ada Banyak Program Kursus, UGM Luncurkan Platform Pembelajaran Online

Selasa, 13 Februari 2024 - 15:26 WIB
loading...
Ada Banyak Program Kursus, UGM Luncurkan Platform Pembelajaran Online
UGM meluncurkan platform pembelajaran daring UGM Online. Foto/UGM.
A A A
JAKARTA - UGM meluncurkan platform pembelajaran daring UGM Online. Platform ini menawarkan berbagai macam kursus hingga mata kuliah online .

UGM Online merupakan platform pembelajaran daring terbuka yang menawarkan berbagai macam program pembelajaran, mulai dari kredensial mikro (micro-credential), mata kuliah daring terbuka penuh (MOOCs), hingga kursus modular (modular course).

Platform UGM Online dirancang untuk memberikan akses pendidikan yang berkualitas kepada masyarakat luas, baik di Indonesia maupun di luar negeri (SDGs 4: Quality Education).

Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) Prof. dr. Ova Emilia mengatakan, UGM berperan lebih banyak dalam mencerdaskan bangsa dan masyarakat yang menggunakan platform UGM Online.

Baca juga: Unika Atma Jaya Fasilitasi Pembelajaran Online Kelas Dunia untuk Mahasiswa

"“UGM Online merupakan celah dan peluang untuk kita dapat menyuarakan atau menyebarkan ilmu bukan hanya kepada mahasiswa tapi ke seluruh masyarakat Indonesia dan dunia," katanya, dikutip dari laman UGM, Selasa (13/2/2024).

Ova menegaskan, UGM Online merupakan wujud komitmen inklusif UGM untuk memberikan akses pendidikan yang lebih luas dan berkualitas kepada masyarakat.

“Dengan UGM Online kita berharap proses pembelajaran lebih fleksibel dan sesuai dengan kebutuhan peserta," ujarnya.

UGM Online membuka kesempatan lebih luas lagi bahwa nilai-nilai SDGs dapat ditularkan bukan hanya kepada generasi muda yang sempat belajar bertatap muka dengan dosen di UGM tetapi dapat disebarkan lebih luas lagi ke seluruh daerah-daerah, sehingga kepentingan dari value yang ada pada SDGs ini dapat tersampaikan lebih luas lagi.

Baca juga: Mudahkan Mahasiswa Nyoblos Saat Pemilu, UB Gelar Kuliah Online

Platform UGM Online merupakan salah satu inovasi pembelajaran yang menawarkan berbagai kursus dari berbagai bidang studi, mulai dari ilmu pengetahuan alam, teknik, kedokteran, hingga humaniora. Dengan akses yang mudah melalui perangkat seluler atau komputer, pengguna dapat mengikuti kursus sesuai dengan kebutuhan dan minat.

Direktur Direktorat Kajian dan Inovasi Akademik UGM, Hatma Suryatmojo mengatakan,
UGM Online memegang peranan penting dalam berkontribusi untuk meningkatkan pendidikan di masyarakat luas.

Terdapat 3 model course pada UGM Online yaitu public course, free course dan paid course. Pada tahap rintisan ini terdapat 60 courses di UGM online, dan selama masa promosi ini diikuti oleh 2.223 peserta umum dan 728 mahasiswa pada platform UGM Online.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1836 seconds (0.1#10.140)