Apakah Masuk Unhan Harus dari Jurusan IPA? yang Pasti Kuliahnya Gratis

Rabu, 14 Februari 2024 - 13:53 WIB
loading...
Apakah Masuk Unhan Harus dari Jurusan IPA? yang Pasti Kuliahnya Gratis
Apakah hanya siswa dari jurusan IPA yang bisa masuk Unhan menjadi pertanyaan banyak pihak. Foto/Unhan.
A A A
JAKARTA - Apakah hanya siswa dari jurusan IPA yang bisa masuk Unhan menjadi pertanyaan banyak pihak. Persyaratan tersebut patut diketahui pada penerimaan mahasiswa baru S1 Unhan yang saat ini masih dibuka.

Universitas Pertahanan (Unhan) sedang membuka pendaftaran Program Beasiswa S1 Tahun Ajaran 2024-2025 hingga 29 Februari 2024. Pendaftarannya di tautan https://penerimaan.idu.ac.id.

Baca juga: Unhan Buka Pendaftaran Jalur Beasiswa S1, Ini 12 Jurusan Kuliahnya

Ada sejumlah tahapan untuk masuk Unhan jalur beasiswa ini seperti verifikasi administrasi, tes kemampuan bahasa Inggris, tes psikologi, tes potensi skolastik, tes kesehatan, tes mental ideologi, hingga kesamaptaan jasmani.

Apakah Masuk Unhan Harus dari Jurusan IPA?


Ada 12 program studi yang dibuka pada penerimaan mahasiswa baru jalur beasiswa kampus dengan ikatan dinas ini dan 11 prodinya merupakan rumpun sains dan teknologi (saintek).

12 prodi tersebut adalah Kedokteran, Kimia, Farmasi, Fisika, Biologi, Informatika, Teknik Elektro, Teknik Mesin, Teknik Sipil, Teknik Hidrologi, Matematika, Sejarah Militer.

Oleh karena itu, calon mahasiswa Unhan harus memenuhi syarat berijazah SMA atau sederajat jurusan IPA atau SMK sederajat lulusan tahun 2023 atau 2024. Khusus untuk Sejarah Militer hanya lulusan IPA atau IPS yang bisa mendaftar.

Baca juga: Unhan Buka Penerimaan Mahasiswa Baru S1 2024, Kuliah Gratis dan Jadi Anggota TNI

Dengan ini maka memang Unhan membuka opsi lulusan IPA dan IPS untuk mendaftar di program beasiswa S1 ini. Namun jurusan IPS hanya bisa mendaftar pada program studi Sejarah Militer. Sementara jurusan IPA terbuka untuk semua prodi yang tersedia di Unhan.

Persyaratan Program Beasiswa S1 Unhan 2024


1. Berijazah SMA/sederajat jurusan IPA atau SMK/sederajat lulusan 2023 atau 2024 sesuai dengan program studi yang dioperasionalkan. Bagi pendaftar Program Studi Sarjana Sejarah Militer berijazah SMA/sederajat jurusan IPA atau IPS lulusan tahun 2023 atau 2024.
2. Tidak pernah tinggal kelas selama di SMA/SMK/sederajat.
3. Diprioritaskan siswa yang masuk 10 besar terbaik pada semester V.
4. Ketentuan nilai rapor SMA/sederajat, sebagai berikut:
- Semester I s.d V rata-rata 80 dan nilai minimal 90 untuk mata pelajaran sesuai Persyaratan Khusus Program Studi di Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Fakultas Farmasi Militer, Fakultas MIPA Militer, dan Fakultas Sains dan Teknologi Pertahanan (FSTP).
- Untuk Program Studi Sarjana Sejarah Militer, semester I-V rata-rata 80 dan nilai minimal 90 untuk mata pelajaran sesuai Persyaratan Khusus Program Studi Sarjana Sejarah Militer.
5. Ketentuan nilai rapor SMK/sederajat, semester I s.d V Mata Pelajaran sesuai program studi yang dioperasionalkan rata-rata 80 bsesuai struktur kurikulum SMK Pusat Keunggulan.
6. Penyetaraan ijazah dan nilai dari Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia bagi lulusan SMA/sederajat dari luar negeri atau lulusan international school di dalam negeri.
7. Setelah lulus Program Sarjana (S-1), bersedia menandatangani ikatan dinas apabila memenuhi syarat menjadi anggota TNI.
8. Melampirkan surat persetujuan orang tua/wali untuk mengikuti pendidikan di Universitas Pertahanan RI.
9. Usia maksimal 20 tahun saat pembukaan pendidikan (tanggal 2 September 2024).
10. Memiliki tinggi badan minimal laki-laki 163 cm dan perempuan 157 cm, serta berat badan proporsional.
11. Bersedia tinggal di asrama selama mengikuti pendidikan di Universitas Pertahanan RI.
12. Melampirkan hasil tes intelligence quotient (IQ) minimal 120 (jika sudah memiliki).
13. Mampu mengoperasikan komputer (aplikasi Microsoft Office dan internet).
14. Bersedia menandatangani surat perjanjian sebagai Kadet Mahasiswa tentang hak dan kewajiban sebagai Kadet Mahasiswa Universitas Pertahanan RI.
15. Bersedia menandatangani surat pernyataan yang meliputi:
- Surat pernyataan bersedia menjadi Kader Intelektual Bela Negara.
- Surat pernyataan sanggup mematuhi peraturan yang berlaku bagi Kadet Mahasiswa Universitas Pertahanan.
16. Khusus untuk lulusan SMK dan sederajat nilai rapor semester V pelajaran sesuai jurusan yang dipilih meliputi Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan, Matematika, Kejuruan, Proyek Kreatif dan Kewirausahaan, serta Praktek Kerja Lapangan (PKL) minimal 90.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1048 seconds (0.1#10.140)