Jejak Pendidikan Hadi Tjahjanto, Mantan Panglima TNI yang Kini Menjabat Menko Polhukam

Rabu, 21 Februari 2024 - 11:50 WIB
loading...
Jejak Pendidikan Hadi Tjahjanto, Mantan Panglima TNI yang Kini Menjabat Menko Polhukam
Hadi Tjahjanto resmi dilantik sebagai Menkopolhukan di Istana Negara, Rabu (21/2/2024). Foto/MPI/Binti Mufarida.
A A A
JAKARTA - Hadi Tjahjanto resmi dilantik sebagai Menko Polhukam di Istana Negara, Rabu (21/2/2024). Berikut profil pendidikan Hadi yang juga mantan Panglima TNI ini.

Hadi resmi menjadi Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) untuk menggantikan Mahfud MD yang mengundurkan diri sebagai Menko Polhukam karena mencalonkan sebagai cawapres di Pemilu 2024.

Baca juga: Presiden Jokowi Lantik Hadi Tjahjanto Jadi Menko Polhukam

Pelantikan Hadi sebagai Menko Polhukam berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 34 P Tahun 2024 tentang Pengangkatan Menteri Pertanian Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024.

“Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya,” demikian kutipan pengambilan sumpah yang dibacakan Jokowi yang diikuti Hadi Tjahjanto dan AHY.
Jejak Pendidikan Hadi Tjahjanto, Mantan Panglima TNI yang Kini Menjabat Menko Polhukam

PelantikanMenko PolhukamHadi Tjahjanto. Foto/MPI/Binti Mufarida.

“Demi Dharma bakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung etika jabatan berkerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab,” sambungnya.

Profil Pendidikan Hadi Tjahjanto


Marsekal TNI (Purn) Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto S.I.P. ini lahir di Malang, Jawa Timur 8 Novemver 1963. Ia aalah anak pertama dari lima bersaudara dari pasangan Bambang Sudarto dan Nur Sa'adah.

Baca juga: Dilantik jadi Menkopolhukam, Hadi Tjahjanto Tiba di Istana

Hadi lulus sekolah dasar pada 1976 dan SMP pada 1979 serta lulus SMA pada 1982. Hadi lulus kuliah jenjang sarjana pada 1997 dan melanjutkan S2 jurusan Konsentrasi Manajemen Sumber Daya Manusia di Program Pascasarjana Megister Manajemen Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma.

Hadi kemudian melanjutkan ke pendidikan militer pertama kali di Akademi Angkatan Udara dan lulus pada 1986. Ia lalu lanjut ke Sekolah Penerbangan dan lulus pada 1987.

Mantan Irjen Kemenhan ini lalu lanjut pendidikan ke Sekolah Komando Kesatuan Angkatan Udara Tahun 1995 dan Sekolah Instruktur Penerbangan Lulus Tahun 1999.

Dilanjut ke College Interarmes De Defence (Sesko Perancis) dan lulus Tahun 2001, Sekolah Staf dan Komando TNI Lulus Tahun 2009 serta PPSA Lemhannas RI lulus pada 2015.

Demikian profil pendidikan Hadi Tjahjanto yang saat ini resmi menjabat sebagai Menko Polhukam. Semoga informasi ini bermanfaat.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1604 seconds (0.1#10.140)