Mengenal 7 Jenis Sekolah di Indonesia, Pilih Homeschooling atau Boarding School

Kamis, 22 Februari 2024 - 11:56 WIB
loading...
Mengenal 7 Jenis Sekolah di Indonesia, Pilih Homeschooling atau Boarding School
Ada banyak jenis sekolah yang berjalan di Indonesia. Mulai dari sekolah berasrama hingga sekolah alam. Foto/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Ada banyak jenis sekolah yang beroperasi di Indonesia. Mulai dari sekolah berasrama hingga sekolah alam bisa menjadi pilihan orang tua untuk pendidikan anaknya.

Tahun ajaran baru 2024 akan dimulai pada bulan Juli. Saat itu para orang tua akan sibuk untuk mencari sekolah bagi anak-anaknya. Baik sekolah dasar ataupun sekolah menengah.

Pada umumnya sekolah di Indonesia itu terbagi menjadi empat tingkatan. Yakni tingkat bermain, wajib dasar, menengah, dan pendidikan tinggi.

Baca juga: Estimasi Biaya Sekolah di SMA Binus School Serpong, Para Orang Tua Harus Tau

Namun untuk jenis atau kategori sekolahnya bermacam-macam. Ada yang sekolah berasrama, sekolah di rumah atau homeschooling, sekolah nasional, sekolah internasional, hingga madrasah.

Dikutip dari laman SMA Dwiwarna, berikut ini delapan jenis sekolah yang ada di Indonesia dan penjelasannya.

7 Jenis Sekolah di Indonesia

1. Sekolah Nasional


Sekolah nasional adalah jenis satuan pendidikan yang menggunakan kurikulum nasional dari kementerian terkait atau dalam hal ini Kemendikbudristek.

Bahasa pengantar yang digunakan dalam pengajaran di kelas adalah bahasa Indonesia. Penyelenggaranya bisa dari pemerintah maupun yayasan atau swasta.

Siswa gratis atau bebas dari pungutan biaya jika di sekolah negeri karena ada biaya operasional yang ditanggung negara. Sedang di swasta ada biaya yang harus dibayar meski bagi siswa tidak mampu bisa mengajukan beasisw atau bantuan pendidikan lainnya.

2. Madrasah


Madrasah sama saja dengan sekolah naik yang menggunakan kurikulum dari Kemendikbudristek namun madrasah berada di naungan Kementerian Agama.

Jenjangnya juga sama yaitu dari SD hingga SMA. Selain itu pada madrasah diberikan tambahan berupa pelajaran agama Islam.

3. Sekolah Nasional Plus


Sejak tahun 2000 yang lalu, lembaga bernama Association of National Plus Schools (ANPS) mengenalkan kurikulum sekolah nasional plus.

Lembaga ANPS ini bertugas untuk membuat bagaimana kriteria dari sekolah nasional plus tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1794 seconds (0.1#10.140)