Dilantik Jadi Menteri ATR/BPN, Ini Riwayat Pendidikan AHY

Jum'at, 23 Februari 2024 - 07:58 WIB
loading...
Dilantik Jadi Menteri ATR/BPN, Ini Riwayat Pendidikan AHY
Riwayat pendidikan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang dilantik jadi Menteri ATR/BPN. Foto/MPI.
A A A
JAKARTA - Ini riwayat pendidikan AHY yang menarik diketahui. Tempo hari, putra sulung Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu baru saja dilantik menjadi Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) .

Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dilantik langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara. Pada tugas barunya ini, ia menggantikan Hadi Tjahjanto yang dirotasi menjadi Menkopolhukam.

Melihat latar belakangnya, AHY berasal dari keluarga terpandang. Tak hanya ayahnya yang menjadi Presiden ke-6 RI, ibunya yang bernama Kristina Herrawati adalah anak dari Sarwo Edhie Wibowo, tokoh militer yang berperan dalam penumpasan G30S/PKI.

Baca juga: Cerita AHY Ditelepon Pratikno Diajak Jokowi ke Istana Sebelum Dilantik Jadi Menteri ATR/BPN

Lantas, bagaimanakah riwayat pendidikan dari AHY sendiri? Simak ulasannya berikut ini untuk mengetahuinya lebih jauh.

Riwayat Pendidikan AHY


Saat kecil, AHY cukup sering berpindah-pindah kota. Hal ini karena keluarganya mengikuti perjalanan tugas dan pendidikan sang ayah, mulai dari Bandung, Timor Timur hingga Amerika Serikat.

Sejalan dengan hal tersebut, AHY kecil pun pernah merasakan beberapa kali pindah sekolah. Salah satunya di Timor Timur, tepatnya ketika SBY mengemban tugas militer di sana.

Sekitar 1984-1988, AHY pindah menuju SD Kuntum Wijaya Kusuma yang berada di Jakarta Timur. Setelah itu, ia kembali pindah sekolah ke David J.Brewer School, Leavenworth, Kansas.

Menamatkan sekolah dasar, AHY melanjutkan pendidikan di SMPN 5 Bandung. Namun, ia harus pindah ke SMPN 20 Jakarta Timur ketika mengikuti tugas ayahnya.

Baca juga: Jabat Menteri ATR/BPN, AHY: Saya Datang Tidak dengan Keahlian

Memiliki latar belakang keluarga militer, AHY memutuskan untuk masuk SMA Taruna Nusantara setelah lulus SMP. Pada 1997, ia keluar sebagai lulusan terbaik dan meraih Garuda Trisakti Tarunatama Emas.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1298 seconds (0.1#10.140)