UI Tambah Kuota Mahasiswa Baru 2024 Jadi 10.473, Peluang Diterima Besar?

Senin, 26 Februari 2024 - 11:05 WIB
loading...
UI Tambah Kuota Mahasiswa Baru 2024 Jadi 10.473, Peluang Diterima Besar?
Pada tahun 2024 ini memutuskan menambah kuota penerimaan mahasiswa baru via SNPMB yakn berjumlah 10.473 orang yang diperuntukkan untuk calon mahasiswa dari Sarjana dan Vokasi. Foto/Ist
A A A
DEPOK - UI menambah kuota penerimaan mahasiswa baru di SNPMB 2024. Ada kabar bagus bagi kamu yang berminat mendaftar kuliah di Universitas Indonesia (UI) 2024. Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang berada di Kota Depok ini menambah kuota penerimaan mahasiswa baru melalui Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2024. Untuk info lebih jelasnya, artikel kali ini akan membahasnya, simak ya!

UI Tambah Kuota Mahasiswa Baru di 2024


Melansir laman resminya, UI pada tahun 2024 ini memutuskan menambah kuota penerimaan mahasiswa baru via SNPMB yakni berjumlah 10.473 orang yang diperuntukkan untuk calon mahasiswa dari jenjang Sarjana dan Vokasi. Jumlah itu mengalami kenaikan dibandingkan tahun 2023 yang saat itu daya tampungnya 10.159

Secara rinci, penambahan kuota di SNPMB UI tahun 2024 terdiri dari sebanyak 8.823 kuota diperuntukkan untuk calon mahasiswa program Sarjana dan 1.650 untuk calon mahasiswa Vokasi.

Total daya tampung untuk Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), yakni sebanyak 2.105 calon mahasiswa, dengan rincian Sarjana 1.775 dan Vokasi 330 calon mahasiswa. Sedangkan pada jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) akan menerima sebanyak 3.164 calon mahasiswa, yakni terdiri dari 2.666 untuk program Sarjana dan 498 untuk program Vokasi.



Di tahun 2024, UI mengikutisertakan sebanyak 64 program studi sarjana dan 15 program studi vokasi yang terdiri dari sembilan Diploma III dan enam Diploma IV.

Seperti diketahui, Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 62 Tahun 2023, jalur masuk penerimaan mahasiswa baru program diploma dan program sarjana pada Perguruan Tinggi Negeri (PTN), termasuk UI, terbagi menjadi dua skema, yaitu jalur nasional dan jalur mandiri.

Pada jalur nasional, UI menyediakan 50 persen dari total daya tampung, dengan rincian 20 persen untuk SNBP, 30 persen melalui SNBT. Sisa 50 persen dari total daya tampung UI akan diperebutkan melalui jalur mandiri yang terdiri dari dua jalur, yakni jalur ujian dan tanpa ujian.

Jalur ujian UI adalah SIMAK UI, yang terdiri atas SIMAK untuk Sarjana dan Vokasi, SIMAK untuk Sarjana Kelas Internasional, dan SIMAK untuk Sarjana dan Vokasi dengan Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL).

Terkait jalur tanpa ujian UI yang dapat ditempuh adalah jalur Prestasi dan Pemerataan Kesempatan Belajar (PPKB) untuk sarjana dan vokasi, jalur Talent Scouting (TS) untuk Sarjana Kelas Internasional, dan Seleksi Jalur Prestasi (SJP) untuk sarjana.

5 Jalur Masuk UI 2024


1. SNBP


Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) adalah seleksi bersama berdasarkan prestasi yang prosesnya diatur oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek). Pendaftaran SNBP masih dibuka sampai dengan 28 Februari 2024.

2. SNBT-UTBK


Pada Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), siswa akan diminta mengerjakan soal di Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK). Pendaftaran SNBT-UTBK akan dibuka mulai 21 Maret sampai dengan 5 April 2024.

3. PPKB


PPKB atau Prestasi Pemerataan Kesempatan Belajar adalah jalur seleksi yang diselenggarakan oleh UI dengan mempertimbangkan nilai rapor serta indeks sekolah dalam proses seleksinya.

Ada dua program pendidikan yang ditawarkan dalam PPKB, yaitu sarjana (S1) dan vokasi. Pada Program pendidikan vokasi menawarkan jenjang diploma 3 (D3) dan sarjana terapan (D4). Pendaftaran PPKB akan dibuka mulai April sampai Juni 2024.

4. Seleksi Jalur Prestasi UI


Seleksi jalur prestasi bisa diikuti oleh siswa yang memiliki prestasi atau pemenang lomba minimal juara tiga atau peraih medali perunggu di bidang IPTEKS, olahraga, dan seni di tingkat nasional dan internasional yang diperoleh saat SMA atau sederajatnya maksimal 3 tahun terakhir. Pendaftaran seleksi jalur prestasi UI dibuka mulai Mei sampai Juni 2024.

5. SIMAK UI


Seleksi Masuk UI atau SIMAK UI adalah ujian seleksi terpadu masuk UI yang diselenggarakan UI untuk calon mahasiswa yang ingin kuliah di UI. Program pendidikan yang dibuka pada SIMAK UI mulai dari program vokasi (D3 dan D4), sarjana, sarjana kelas khusus Internasional (S1 KKI), sarjana dan vokasi dengan rekognisi pembelajaran lampau (S1 RPL & Vokasi RPL), profesi, spesialis, magister, dan doktor.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1594 seconds (0.1#10.140)