7 Universitas dengan Jurusan Akuntansi Terbaik di Indonesia Versi The WUR 2023-2024

Rabu, 28 Februari 2024 - 11:52 WIB
loading...
7 Universitas dengan Jurusan Akuntansi Terbaik di Indonesia Versi The WUR 2023-2024
Universitas Gadjah Mada (UGM) menjadi universitas dengan jurusan akuntansi terbaik versi Times Higher Education (THE) World University Rankings (WUR) 2023. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini 7 universitas dengan jurusan akuntansi terbaik di Indonesia versi THE WUR 2023-2024 yang perlu diketahui. Akuntansi menjadi salah satu jurusan yang paling banyak peminat, sehingga ada beberapa pertimbangan yang harus dipikirkan calon mahasiswa baru.

Saat ini banyak universitas yang memiliki jurusan akuntansi terbaik. Artikel kali ini secara khusus akan membahas deretan kampus akuntasi terbaik di Indonesia versi Times Higher Education (THE) World University Rankings (WUR) 2023-2024, simak ya!

7 Kampus dengan Jurusan Akuntansi Terbaik di Indonesia Versi The WUR 2023-2024


1. Universitas Gadjah Mada (UGM)


Universitas yang berlokasi di Yogyakarta ini menerapkan dua mekanisme biaya kuliah, yaitu berupa Uang Kuliah Tunggal (UKT) Pendidikan Unggul UGM dan UKT Pendidikan Unggul Bersubsidi UGM. Mekanisme biaya kuliah tersebut ditentukan sesuai dengan kemampuan ekonomi orang tua atau penanggung jawab biaya pendidikan mahasiswa.

Khusus untuk UKT Pendidikan Unggul Bersubsidi, UGM akan memberikan subsidi sebesar 100 persen, 75 persen, 50 persen, atau 25 persen dari besaran nominal UKT Pendidikan Unggul.

2. Universitas Indonesia (UI)


Kampus yang selalu masuk ke daftar universitas terbaik di Indonesia ini menerapkan dua mekanisme biaya kuliah bagi calon mahasiswa yang diterima di Program Sarjana Reguler, yaitu Biaya Operasional Pendidikan Berkeadilan (BOP-B) dan Biaya Operasional Pendidikan Pilihan (BOP-P) BOP-B.

Keduanya akan disesuaikan dengan kemampuan orang tua atau penanggung jawab biaya pendidikan calon mahasiswa. Sedangkan untuk BOP-P, calon mahasiswa dapat menentukan sendiri biaya pendidikan yang akan dibayarkan.

3. Universitas Airlangga (Unair)


Mahasiswa baru yang diterima di Unair harus membayar biaya kuliah sesuai dengan jalur masuknya. Besaran biaya kuliah untuk jalur SNBP dan SNBT akan sama. Sedangkan besaran biaya kuliah jalur mandiri akan berbeda. Jalur mandiri Unair memiliki dua jenis biaya kuliah yang harus dibayarkan, yaitu Uang Kuliah Semester (UKS) dan Uang Kuliah Awal (UKA).


4. Binus University


Universitas Bina Nusantara atau Binus University merupakan salah satu PTS terbaik di Indonesia yang bisa menjadi pilihan bagi calon mahasiswa yang ingin meneruskan pendidikan. Perguruan tinggi swasta (PTS) yang memiliki kampus yang tersebar di 8 kota di Indonesia ini bisa menjadi pilihan bagi calon mahasiswa yang tertarik untuk berkuliah di PTS unggulan.

5. Universitas Brawijaya (UB)


Universitas Brawijaya (UB) menerapkan 6 kelompok biaya kuliah bagi calon mahasiswa yang diterima di jalur SNBP dan SNBT. Untuk jalur mandiri, calon mahasiswa harus membayar biaya Iuran Pengembangan Institusi (IPI) saat dinyatakan diterima di UB.

6. Universitas Diponegoro (Undip)


Universitas Diponegoro (Undip) membagi biaya kuliah bagi mahasiswa yang diterima di Undip ke dalam 8 golongan. Bagi mahasiswa yang diterima lewat jalur mandiri, maka harus membayar biaya Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) yang terbagi dalam 2 golongan.

7. Universitas Islam Indonesia (UII)


Salah satu kampus unggulan yang berlokasi di Yogyakarta ini juga bisa menjadi referensi bagi calon mahasiswa yang ingin melanjutkan studinya di perguruan tinggi swasta (PTS).

Bagi calon mahasiswa yang tertarik untuk mendaftar di jurusan Akuntansi di kampus ini, UII menerapkan biaya kuliah berupa Uang Kuliah yang berbeda di tiap tahun perkuliahan dan Dana Catur Dharma yang hanya perlu dibayarkan satu kali selama periode perkuliahan
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1373 seconds (0.1#10.140)