Rekomendasi 7 Jurusan Kuliah untuk Orang yang Suka Politik, Komunikasi hingga Jurnalistik

Kamis, 29 Februari 2024 - 11:10 WIB
loading...
Rekomendasi 7 Jurusan Kuliah untuk Orang yang Suka Politik, Komunikasi hingga Jurnalistik
Jurusan Politik yang biasannya menginduk di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik menjadi salah satu pordi yang cocok bagi seseorang menyukai politik. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini 7 jurusan kuliah yang cocok bagi kamu yang menyukai politik. Politik secara luas sejatinya merupakan fitrah setiap manusia yang memiliki kepentingan di kehidupan ini. Di era modern, politik lebih condong kea rah politik praktis yang sarat dengan kepentingan dan kekuasaan. Artikel kali ini akan membahas jurusan kuliah yang cocok bagi kamu yang menyukai politik, apa saja? Simak ya!

7 Rekomendasi Jurusan Kuliah untuk yang Suka Politik


1. Ilmu Politik


Jurusan Ilmu Politik cocok untuk mahasiswa yang tertarik dengan politik. Di jurusan ini mahasiswa akan belajar mengenai teori dan sejarah sistem politik dunia.

Di jurusan ini mahasiswa butuh sikap kritis. Tidak hanya itu, mahasiswa juga akan belajar mengenai analisis dinamika politik seperti demokrasi, sistem politik, birokrasi, hak asasi manusia, hingga etika sosial politik.

2. Ilmu Hukum


Di jurusan ini mahasiswa akan mempelajari mengenai kebijakan, perundang-undangan, hingga aturan hukum. Program studi ini memberikan landasan yang berguna untuk menjadi seorang politikus khususnya dalam perumusan kebijakan.


3. Ilmu Pemerintahan


Jurusan Ilmu Pemerintahan memberikan pemahaman mendalam mengenai manajemen organisasi publik, termasuk lembaga eksekutif, legislatif, dan yudikatif. Tidak hanya itu, mahasiswa juga akan diberikan keterampilan negosiasi dan public speaking.

4. Hubungan Internasional


Jurusan Hubungan Internasional (HI) mempelajari dinamika hubungan antarnegara hingga analisis berbagai permasalahan seperti ekonomi, politik, sejarah, hingga perdamaian. Program studi ini kerap dikenal sebagai multi-discipline subject dan melibatkan studi politik regional, luar negeri, hingga hubungan politik antarnegara.

5. Sosiologi


Jurusan Sosiologi menelaah fenomena masyarakat dan mencari solusi untuk permasalahan yang muncul. Fokus pada sosiologi politik adalah membahas hubungan antara politik dan masyarakat, struktur sosial dan politik, hingga tingkah laku sosial dan politik.

6. Ilmu Komunikasi


Jurusan ini juga memiliki keterkaitan yang erat dengan politik, memberikan persiapan yang baik untuk terlibat dalam dunia politik.

7. Jurnalistik


Tertarik dengan politik tidak harus terlibat langsung di lapangan. Salah satunya menjadi seorang yang menyampaikan informasi politik seperti jurnalis khusus politik.

Menjadi seorang jurnalis khusus politik memungkinkan kamu terlibat dalam liputan dan penyebaran informasi terkini seputar politik. Kamu berperan dalam menjembatani antara dunia politik dan masyarakat.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2114 seconds (0.1#10.140)